Profesionanalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Pembelajaran Daring (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Demak)

Aliyah, Mauli Anjaninur (2023) Profesionanalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Pembelajaran Daring (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan minat siswa pada saat pembelajaran daring dilaksanakan studi kasus di SMK Negeri 1 Demak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang berbentuk kata - kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa, Dalam meningkatan minat siswa pada pembelajaran daring, terdapat beberapa faktor dalam pelaksanaannya seperti adanya motivasi siswa pada pembelajaran daring, faktor yang mendukung minat siswa pada pembelajaran daring serta faktor yang menghambat minat siswa pada pembelajaran daring serta solusi dari hambatan tersebut. Profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Demak dalam meningkatkan siswa pada pembelajaran daring dapat dilihat dari dua segi antara lain peningkatan profesionalisme dari segi pendidikan dan peningkatan profesionalisme dari segi kemampuan mengajar. peningkatan profesionalisme dari segi pendidikan memiliki beberapa aspek berupa peningkatan pendidikan formal dan peningkatan pendidikan non formal. Peningkatan pendidikan formal berupa kualifikasi akademik serta mengikutsertakan semua guru pendidikan agama Islam menjadai anggota (MGMP). Peningkatan pendidikan non formal dimana semua guru harus mempuyai kematangan dalam pemahaman dan pengalaman ajaran agama Islam dengan benar seperti memiliki sikap tauladan yang dapat dicontohkan kemurid muridnya. Sedangkan peningkatan profesionalisme guru dari segi kemampuan mengajar dapat dilihat dengan menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), menggunakan media pembelajaran, serta berpedoman pada kurikulum. Upaya-upaya guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Demak sudah baik dan berjalan dengan optimal. Upaya-upaya yang dilakukan seperti hal-hal yang dilakukan guru PAI sebagai upaya dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran daring yang terdiri dari penggunaan media pembelajaran daring, blended learning, dan visit home. Dan upaya yang terakhir yaitu penggunaan sarana pra sarana yang menunjang pembelajaran daring, terdapat sarana seperti penyediaan beberapa unit tablet bagi siswa, sedangkan penyediaan prasarana seperti penyediaan wifi disekolah yang ditempatkan di hotspot area dan prasarana yang lain seperti pemberian kuota internet kepada setiap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufid, FathulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru PAI, Minat Siswa, dan Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2023 01:51
Last Modified: 31 May 2023 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item