Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIII Di SLB Cendono

Rizqi, Fitri Nur (2023) Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIII Di SLB Cendono. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan pembelajaran IPS pada peserta didik tunagrahita kelas VIII di SLB Cendono (2) Hambatan-hambatan yang di alami guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS pada peserta didik tunagrahita kelas VIII di SLB Cendono (3) Strategi guru dalam pembelajaran IPS pada peserta didik tunagrahita kelas VIII di SLB Cendono. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data peneliti yaitu sumber primer dan sekunder. Adapun Subyek penelitian ini diantaranya yaitu kepala sekolah, guru IPS, orang tua peserta didik dan peserta didik kelas VIII. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Semua data dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode ceramah dalam pembelajaran IPS pada peserta didik tunagrahita kelas VIII meliputi tahap pendahuluan, tahap kegiatan inti dan tahap kegiatan penutup. Pada tahap pendahuluan peserta didik mengikuti pembelajaran mulai dari berdoa, mengecek absensi peserta didik dan mengulas materi sebelumnya. Pada tahap kegiatan inti guru menyampaikan materi dengan menyenangkan supaya peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan baik. Pada kegiatan penutup guru mengulas kembali materi dan melakukan tanya jawab terhadap peserta didik secara perlahan karena kondisi peserta didik tunagrahita yang berbeda-beda. (2) strategi guru dalam pembelajaran IPS ialah dalam proses pembelajaran yang hanya mempunyai alokasi waktu 1 jam yaitu (40 menit) pembelajaran IPS di kelas harus berjalan maksimal melalui pemanfaatan media yang ada atau guru menyiapkan atau menciptakan media sendiri agar peserta didik mudah memahami pembelajaran, peserta didik di bebaskan untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat mengenai materi pembelajaran dengan tujuan memberi kenyamanan terhadap peserta didik saat mengikuti pembelajaran di kelas. Karena waktu yang sangat minim maka strategi guru yang dilakukan ialah memberi pekerjaan rumah atau tugas kepada peserta didik agar tetap melaksanakan pembelajaran IPS dengan maksimal dibantu keterlibatan orang tua di rumah.(3)hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS pada peserta didik tunagrahita kelas VIII di SLB Cendono yaitu kondisi fisik peserta didik tunagrahita itu sendiri serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan di SLB Cendono.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, pembelajaran IPS, peserta didik tunagrahita.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:53
Last Modified: 05 Jun 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item