Analisis Fraud Triangle Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Kusumasari, Desi Septa Indah (2023) Analisis Fraud Triangle Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (616kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (965kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Hasil kinerja perusahaan yang menunjukkan pertanggungjawaban manajemen ditunjukkan dalam laporan keuangan. Laporan keuangan juga dapat dijadikan sebagai alat komunikasi oleh perusahaan yang ditujukan untuk pihak-pihak yang berkepentingan, baik pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal perusahaan. Dengan hasil dalam laporan keuangan, para pihak yang berkepentingan akan melakukan penilaian sebelum pengambilan keputusan. Dikarenakan hal tersebut menjadikan dorongan kepada pihak manajemen perusahaan untuk akan menunjukkan laporan keuangan dengan hasil yang sebaik mungkin sehingga citra perusahaan akan semakin baik. Dorongan tersebut menjadikan pihak manajemen dapat terdorong untuk melakukan fraud atau kecurangan dan menyebabkan financial statement fraud. Analisis terhadap fraud menjadi penting untuk dilakukan. Tujuannya agar dapat dilakukan pencegahan terhadap tindakan atau aktivitas yang mengarah terkait fraud sehingga tidak ada pihak yang akan merasa dirugikan. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan objek dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Pengujian yang dilakukan yaitu menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan probabilitas 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial stability, personal financial need, external pressure, nature of industry, ineffective monitoring, dan rationalization tidak berpengaruh positif terhadap financial statement fraud. Sedangkan, financial target berpengaruh positif terhadap financial statement fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartini, TinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: financial stability, personal financial need, external pressure, financial target, nature of industry, ineffective monitoring, rationalization dan financial statement fraud
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:22
Last Modified: 05 Jun 2023 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item