Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik di MTs As-Sidah Karangrowo Undaan Kudus

Maghfiroh, Jazimatul (2022) Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik di MTs As-Sidah Karangrowo Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)

Abstract

Pendidikan berarti bagian penting dari kehidupan manusia dan tidak boleh ditinggalkan. Pendidikan tidak hanya sebagai sumber informasi, pengetahuan dan pengembangan keterampilan, tetapi juga memberikan banyak kesempatan guna meningkatkan kualitas hidup dalam pemenuhan keinginan sehingga dapat tercapai gaya hidup pribadi dan sosial yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus, untuk menjelaskan upaya pengembangan karakter peserta didik dalam kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan pembiasaan shalat berjamaah dalam mengembangkan karakter peserta didik MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis datanya menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembiasaaan sholat dhuha berjamaah di MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus dilaksanakan saat istirahat pertama jam 09.00 wib. Sedangkan sholat dhuhur berjamaah dilaksanakan pada istirahat kedua, yaitu antar jam 11.30-12.00 wib menyesuaikan waktu dhuhur. Seorang staf kependidikan bertugas mengawasi apakah semua peserta didik sudah meninggalkan kelas ataukah masih ada peserta didik yang dikelas maupun sengaja menghindar agar tidak ikut shalat berjamaah. Shalat berjamaah dilaksanakan di Musholla As sidah, upaya yang dilakukan dalam pengembangan karakter peserta didik dalam kegiatan pembiasaan shalat berjamaah di MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus berarti dengan memberikan pendidikan berupa teori, demontrasi, dan praktik; memberikan nasihat; memberikan keteladanan; memberikan reward; dan memberikan punishment.” Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat berjamaah dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs As Sidah Karangrowo Undaan Kudus berarti peraturan sekolah tentang pelaksanaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, sarana dan prasaranan memadai dan layak digunakan; guru-guru yang alim. Sedangkan faktor penghambat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal seperti sifat malas, pengetahuan kurang; faktor eksternal, faktor ini dibagi lagi menjadi dua faktor yaitu faktor yang berasal dari keluarga seperti orang tua; faktor yang berasal dari lingkungan sekolah seperti keterbatasan pengawas, teman dekat, dan air wudhu yang sering habis mati dan kran yang sering mati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuciati, SuciatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Shalat Berjamaah, Karakter, Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:32
Last Modified: 06 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item