Implementasi Karakter Peduli Sosial melalui Kerja Kelompok dalam Pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati

Hidayat, Taufik (2023) Implementasi Karakter Peduli Sosial melalui Kerja Kelompok dalam Pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin menurunya rasa peduli sosial di kalangan masyarakat. MTs Tarbiyatul Banin sudah menetapakan pendidikan karakter peduli sosial di lingkungan madrasah terutama menyisipkan nilai kepedulian sosial dalam pembelajaran salah satunya IPS. Namun hal tersebut masih belum maksimal. Maka dari itu penelitian ini dilakukan Melalui hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial siswa baik itu dalam pembelajaran didalam kelas maupun di lingkungan madrasah. penelitian dengan tujuan penelitian yakni; 1) untuk mengetahui bagaimana proses implementasi yang dilakukan di MTs Tarbiyatul banin, 2) untuk mengetahui bagaimana faktor yang memengaruhi dan juga menghambat serta mencari soslusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah (field research) penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan pengamatan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data mengenai implementasi karakter peduli sosial melalui kerja kelompok dalam pembelajaran IPS di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji kebasahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik dan waktu. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) proses penerapan karakter peduli sosial melalui kerja kelompok dalam pembelajaran IPS di MTs tarbiyatul banin sudah terlaksana dengan bukti bahwa guru sudah menerapkan karakter peduli sosial dalam pembelajaran melalui perencanaan yang termuat dalam RPP dan Silabus, sedangkan di dalam pembelajarannya dibuktikan dengan adanya kolaborasi berupa kerja kelompok. 2) dalam proses penerapan karakter peduli sosial didapatkan hambatan yang diperoleh dari beberapa pihak. Hambatan yang paling sering terjadi adalah dari siswanya yang memiliki karakter peduli sosial yang naik turun, dan juga dari faktor eksternal yaitu dari orang tua, guru, maupun lingkungan sekitar. 3) solusi yang dotawarkan madrasah adalah dengan cara memberikan rekomendasi kepada orang tua atau wali murid untuk menitipkan anakanya di ponpes sekitar madrasah dengan tujuan untuk mendapat pengawasan setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LalilyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, peduli sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:50
Last Modified: 06 Jun 2023 06:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item