strategi fundraising yatim mandiri cabang kudus dalam menghimpun dana zakat, infak dan sadaqoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Ma’ali, Muhammad Fazal (2023) strategi fundraising yatim mandiri cabang kudus dalam menghimpun dana zakat, infak dan sadaqoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (636kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengidentifikasi strategi fundraisingyang digunakan Yatim Mandiri kudus dalam menghimpun dana zis, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Yatim Mandiri kudus dalam menghimpun dana zis, dan (3) Untuk mengetahui solusi dari implementasi penghimpunan dana zis dilembaga Yatim Mandiri Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pada Ketua Yatim Mandiri Kudus, Staff Yatim Mandiri Kudus, dan Zisco (Zakat Consultan) Yatim Mandiri Kudus. Adapun sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan cara Triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi fundraising dalam penghimpunan dana Zakat,Infaq, dan Shodaqoh yang dilakukan oleh Yatim Mandiri Kudus adalah Direct Fundraising dan Indirect Fundraising (2) Dalam lembaga zakat juga ada beberapa kendala yaitu dapat berupa kendala langsung dan tidak langsung. (3) Solusi dari penerapan penghimpunan yang dilakukan oleh Yatim Mandiri dalam mengatasi kendala adalah pertama mencari donatur baru, berkoordinasi waktu dengan donatur, menumbuhkan kepercayaan masyarakat, menghubungi donatur secara berkala dan sosialisasi. Selain itu juga terdapat faktor penunjangannya yaitu tolomarketing, target, dan reward.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising, Lembaga Zakat dan Metode
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:54
Last Modified: 06 Jun 2023 06:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item