Upaya Guru Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Demonstrasi di Madin Raudlatut Tholibin Desa Jepangpakis

Prastyo, Muhammad Irvan (2023) Upaya Guru Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Demonstrasi di Madin Raudlatut Tholibin Desa Jepangpakis. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu hal penting dalam mengerjakan sesuatu dijadikan sebagai dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Tanpa adanya motivasi seorang mustahil melakukan sesuatu. Penelitian ini dilatar belakangi karena penurunan semangat peserta didik dalam pembelajaran disebabkan dengan penyampain materi guru secara konvensional, selain itu kurangnya dukungan konstribusi orang tua terhadap peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif berbasis demontrasi pada mata pelajaran fasholatan dalam membangun motivasi belajar peserta didik, dengan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fasholatan serta hambatan dan solusi yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Alasan penggunaaan strategi pembelajaran aktif berbasis demonstrasi untuk menumbuhkan semangat motivasi belajar peserta didik, serta menguatkan keterampilan beribadah peserta didik di Madrasah Diniyah Raudlatut Tholibin Jepangpakis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu menyajikan data berupa kata-kata, gambar bukan angka-angka. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas IV, guru mata pelajaran fasholatan dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran fasholatan, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data keadaan sedangkan wawancara digunakan untuk memperoleh tanggapan atau pendapat mengenai penerapan strategi pembelajaran aktif berbasis demonstrasi pada pelajaran faholatan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data penelitian dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran aktif berbasis demonstrasi pada mata pelajaran fasholatan berjalan cukup baik, yakni guru membagi tiga tehapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan dengan cara menyiapkan materi yang bersumber pada bahan ajar kitab fasholatan. Tahap pelaksanaan dengan cara mempraktikan secara langsung pada peserta didik. Tahap Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan lisan dan menyuruh peserta didik mempraktikan apa yang telah disampaikan guru. (2) Kendalanya disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal dari peserta didik. Faktor internal disebabkan pengaruh kesehatan dan mental sehingga menjadikan ketidak hadiran dalam pelajaran, Faktor eksternal meliputi keadaan cuaca yang menyebabkan peserta didik tersebut tidak berangkat, kurangnya konstribusi orang tua pada peserta didik. Adapun solusinya dari pihak guru melakukan antisipasi dengan cara mengubah metode demonstrasi (praktik) menjadi metode permainan (kuis tanya jawab). Selain itu dari pihak wali kelas melakukan pendekatan secara khusus pada peserta didik dengan memberikan saran dan pujian sehingga peserta didik tersebut menjadi semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Madrasah Diniyah, Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Demonstrasi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:00
Last Modified: 07 Jun 2023 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item