Implementasi Metode Mengajar Tabarak dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Griya Tahfidz Al-Aziz Puri Pati) Tahun Pelajaran 2021/2022)

Sakinah, Zidni (2023) Implementasi Metode Mengajar Tabarak dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Griya Tahfidz Al-Aziz Puri Pati) Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER OKE.pdf

Download (848kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (219kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Skripsi dilatar belakangi oleh temuan adanya rendanya peningkatan hafalan al-Qur’an santri dalam menghafal al-Qur’an. Skripsi disusun dengan tujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan metode mengajar tabarak dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di Griya Tahfidz Al-Aziz Puri Pati. (2) mengetahui implementasi metode mengajar tabarak dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di Griya Tahfidz Al-Aziz Puri Pati. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat metode mengajar tabarak dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di Griya Tahfidz Al-Aziz Puri Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan dengan mengamati ustadzah dan santri serta wawancara semi tersetruktur dengan sumber data yaitu kepala sekolah, ustadzah, santri dan dokumentasi di Griya Tahfidz Al-Aziz. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan referensi. Tektik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan dan pemaparan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan menghafal al-Qur’an dimulai dari jam 15.00 sampai 17.00 sore. Dilaksanakan hari Sabtu sampai Rabu. Griya Tahfidz Al-Aziz terdapat tiga kelas yaitu kelas ekstensi 1, ekstensi 2 dan regular. Kelas ekstensi 1 masuknya hari Senin sampai Kamis, ekstensi 2 masuk hari Kamis sampai hari Ahad dan yang regular masuk setiap hari (full day). Yang membedakan dari kelas tersebut adalah kelas ekstensi untuk santri yang memiliki kegiatan lain.(2) Implementsi metode mengajar tabarak dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an diGriya Tahfidz Al-Aziz sudah bisa dikatakan baik dan terarah. Cara ustadzah meningkatkan hafalan al-Qur'an menggunakan metode tabarak dengan memberikan materi ilmu tajwid. Sebelum mulai, santri yang belum bisa menghafal dibimbing oleh ustadzah untuk diajari membaca dengan metode gerak dan gestur. Santri yang bisa menghafal, dapat menghafal mandiri dengan cara membaca ayat al-Qur’an secara berulang-ulang sebanyak 10 kali kemudian dihafalkan. Selanjutnya santri menyetorkan secara face to face. Santri harus mengulang bacaan yang telah dihafalkan, bisa dilakukan secara mandiri atau bersama temannya dengan tujuan untuk memperkuat daya ingat dan kualitas hafalan santri agar hafalan tidak mudah hilang. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di Griya Thafidz Al-Aziz yaitu minat dan niat, dukungan keluarga dan lingkungan sekitar, sarana prasarana yang mendukung serta peran ustadzah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Faktor penghambat adalah faktor pada diri sendiri (internal) dan faktor dari luar (eksternal)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tabarak, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:01
Last Modified: 09 Jun 2023 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item