Penerapan Total Quality Management dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs N 2 Kudus

Tsawab, Muchamad Chusnuts (2023) Penerapan Total Quality Management dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs N 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Era globalisasi menghadirkan berbagai macam tantangan yang harus dihadapi oleh umat manusia, dalam hal ini pendidikan yang berkualitas memiliki peran penting dalam upaya mempersiapkan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari prestasi belajar siswa, dalam hal ini sistem manajemen yang baik merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan prestasi belajar siswa, salah satunya adalah Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), TQM sendiri merupakan sistem manajemen yang mengutamakan kualitas dengan perbaikan secara terus menerus yang melibatkan seluruh anggota dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Total Quality Management di Mts N 2 Kudus, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Total Quality Management di Mts N 2 Kudus, 3) Bagaimana Implikasi Total Quality Management terhadap prestasi belajar siswa di MTs N 2 Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif mengambil objek studi pada MTs Negeri 2 Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Trianggulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Total Quality Management di MTs N 2 Kudus sudah diupayakan dengan baik, namun masih perlu adanya pembentukan team work solid dan kompak terhadap setiap bagian pada sekolah tersebut, Faktor pendukung adalah sumber daya manusia semuanya adalah S1 dan S2, mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terutama TIK, Kurikulum yang baik, keuangan dan anggaran yang cukup, dukungan stekholders yang kuat dan sistem informasi yang bagus. Support dari kepala madrasah dalam pelaksanaan kegiatan kesiswaan, Tersedia pembina/pelatih yang sesuai dengan kompetensi di bidangnya, sedangkan faktor penghambatnya masih banyak bapak ibu guru yang rumahnya jauh dari MTs N 2 Kudus ini, orang tua menengah kebawah dalam hal ekonominya. Materi pembelajaran yang padat dan dengan jam yang banyak menjadi beban berat bagi peserta didik, Tugas yang padat dan ketersedian SDM yang terbatas, kurangnya tenaga pendidik yang mengikuti pelatihan/diklat peningkatan profesionalisme sebagai tenaga pendidik, kurangnya minat belajar peserta didik. Implikasi Total Quality Management terhadap prestasi belajar siswa di MTs N 2 Kudus. Pelaksanaan persiapan dilakukan dengan mencari minat dan bakat siswa, dilanjutkan dengan keikutsertaan kegiatan ekstrakulikuler siswa, dilanjutkan dengan latihan yang dilakukan secara rutin dan terus menerus oleh guru terkait, ataupun mengambil pelatih dari luar, pelaksanaan even kompetisi yang dilakukan baik Kabupaten maupun tingkat Nasional pihak sekolah memberikan reward bagi yang menang dan tetap memberikan motivasi bagi yang belum berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Implikasi, Total Quality Management, Prestasi Belajar Siswa, Mts N 2 Kudus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item