Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Prokrastinasi Kelas X MA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus

Amalia, Novita Malihatul (2023) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Prokrastinasi Kelas X MA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (481kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku prokrastinasi yang terjadi pada siswa MA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus dan untuk mengetahui hasil dari perilaku prokrastinasi yang bepengaruh terhadap konsep diri siswa MA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam Field Rsearch (penelitian lapangan). Subjek dari penelitian ini adalah 6 siswa yaitu 3 perempuan dan 3 laki-laki, 1 Guru BK, dan kepala madrasah. Data-data yang diperoleh dari layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa yang mengalami prokrastinasi dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi kemudian wawancara dan dilanjutkan dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: siswa kelas X di MA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus masih banyak yang mengalami prokrstinasi. Dan rata-rata dari mereka tidak tahu tentang istilah prokrastinasi dan konsep diri. Namun seletah diadakannya layanan bimbingan kelompok mereka menjadi paham dan mengakui bahwa perilaku tersebut seringkali mereka lakukan dan bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Adapun dampak dari perilaku tersebut sangat berpengaruh sekali terutama dalam kehidupan kedepannya. Prokrastinasi yang sering terjadi kepada mereka sering kali diabaikan. Mereka lebih mengutamakan pekerjaan atau perbuatan yang menyenangkan seperti bermain dengan teman, bermain HP, ngegame dengan mengesampingkan apa yang sudah menjadi kewajiban serta tanggungjawab dalam diri mereka. Dengan cara memahami konsep diri, mereka dapat menyadari seberapa besar dampak yang terjadi dari perilaku prokrastinasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Konsep Diri, Prokrastinasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:23
Last Modified: 16 Jun 2023 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item