Pengaruh Usaha Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII Di MTs N 2 Jepara

Nisi, Isna Ainun (2023) Pengaruh Usaha Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII Di MTs N 2 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (755kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (879kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (890kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui usaha menghafal Al-Quran siswa kelas VIII MTs N 2 Jepara. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs N 2 Jepara. 3) Untuk mengetahui pengaruh menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs N 2 Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket yang disebarkan kepada responden dengan jumlah sampel 40 siswa menggunakan teknik sampling purposive. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji koefisian determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Usaha menghafal Al-Quran siswa kelas VIII di MTs N 2 Jepara termasuk dalam kategori “baik” yang didapatkan dari angket menghafal Al-Quran diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 65 termasuk dalam interval 63 – 71. 2) Pretasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs N 2 Jepara termasuk dalam kategori “baik” yang didapatkan dari nilai ulangan harian Qur’an Hadits sebesar 86 termasuk dalam interval 85 – 91. 3) Pengaruh menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs N 2 Jepara sebesar 68,5% sedangkan 31,5% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Berdasarkan perhitungan nilai korelasi diperoleh sebesar 0,828 termasuk dalam kategori “korelasi sangat kuat” masuk dalam interval 0,80 – 1,000. Berdasarkan uji F Fhitung > Ftabel (82,740 > 4,09) berarti signifikan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Uji t diperoleh dengan hasil thitung > ttabel (9,096 > 1,686) dan diketahui nilai sig. 0,000 < 0,05 ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBachtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Quran, Prestasi Belajar, Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:31
Last Modified: 16 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item