Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati

Khudriyah, Na’imatul (2023) Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati, (2) Mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati (3) Mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), denan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya adalah metode korelasional yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antar variabel, mengetahui pengaruh variabel independen atau variabel bebas pada obyek serta untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini yaitu angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV, V, dan VI di MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati, sedangkan sampel yang digunakan yaitu seluruh anggota populasi yang totalnya 61 peserta didik. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,163 dan r hitung lebih besar dari r tabel (0,404 > 0,2521). Dengan demikian, semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,257 dan r hitung lebih besar dari r tabel (0,507 > 0,2521). Dengan demikian, semakin tinggi efikasi diri, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis orang tua dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo Sukolilo Pati. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,265, dan Fhitung > Ftabel (10,479 > 3,153). Dengan demikian, semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua dan efikasi diri, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa. Melalui analisis regresi ganda, dapat diketahui pula bahwa koefisien determinan R2y(1,2) menunjukkan nilai sebesar 0,265. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dan efikasi diri secara bersama-sama mempengaruhi kemandirian belajar (Y) sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M.NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:45
Last Modified: 16 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item