Implementasi Pembelajaran Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Di Ra Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun 2021/2022

Wijayanti, Sari (2023) Implementasi Pembelajaran Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Di Ra Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (790kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi pengenalan berhitung menggunakan metode jarimatika di RA Tarbiyatul Islam, meliputi implementasi pengenalan berhitung menggunakan metode jarimatika, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berhitung menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi pengenalan berhitung menggunakan metode jarimatika di Ra Tarbiyatul Islam? (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat implementasi pembelajaran berhitung menggunakan metode jarimatika di Ra Tarbiyatul Islam? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penulis membuat deskripsi secara sistematis, factual dan akurat mengenai fenomena atau fakta-fakta yang telah diselidiki. Penilitian hanya difokuskan pada kelas B di RA Tarbiyatul Islam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumntasi. Uji keabsehan data menggunakan trigulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berhitung peserta didik di RA Tarbiyatul Islam rata-rata sudah menunjukkan hasil yang baik sesuai harapan. Tetapi ada beberapa anak yang belum berkembang karena anak cenderung pendiam. Dengan hal tersebut guru berupaya untuk terus menstimulasi anak melalui metode yang tepat, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. (2) Penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, hal ini dapat dilihat dari antusias anak dalam belajar berhitung dengan menggunakan metode jarimatika, disamping metode berhitungnya yang menggunakan jari sebagai media secara tidak langsung anak-anak diajak berhitung sambil bermain dengan menggunakan jari-jemari mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode jarimatika, Pengenalan Berhitung
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:05
Last Modified: 20 Jun 2023 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item