Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Articulate Storyline pada Siswa Kelas VIII

Jannah, Risa Raudlotul (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Articulate Storyline pada Siswa Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (921kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Adanya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran matematika di SMP Tahfidh Ma’had Yasin menyebabkan siswa mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan itu antara lain merasa matematika sulit dipahami, sulit dimengerti, banyak rumus, dan kurang menarik. Selain itu, belum terdapat media yang berbasis teknologi guna menunjang perkembangan zaman. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik untuk memberi kemudahan siswa dalam memahami konsep matematika yang abstrak. Melalui etnomatematika diharapkan siswa dapat memahami dan mengkontruksi konsep matematika yang abstrak melalui aktivitas yang nyata. Salah satu bentuk objek etnomatematika yang terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang mempunyai banyak potensi untuk dieksplorasi adalah Menara Kudus. Dari sudut pandang etnomatematika Menara Kudus memuat objek geometri pada bentuk bangunannya, khususnya objek bangun ruang sisi datar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, serta kepraktisan multimedia interaktif berbasis etnomatematika Menara Kudus menggunakan Articulate Storyline pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Adapun model pengembangan yang dianut adalah 4D Thiagarajan dengan 4 tahap yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian pengembangan ini adalah para validator, guru matematika, 8 orang siswa kelas VIII pada uji coba skala kecil, serta 30 orang siswa kelas VIII pada uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket penilaian ahli materi dan ahli media terkait uji kelayakan, serta angket respon guru dan peserta didik untuk uji kepraktisan. Kemudian pada teknis analisis data menggunakan skala likert. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Media pembelajaran yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat diakses melalui hp android, media pembelajaran tersebut berisi materi bangun ruang sisi datar yang terintegrasi etnomatematika Menara Kudus untuk kelas VIII. 2) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,5% dan oleh ahli media sebesar 85,63% dengan masing-masing termasuk dalam kriteria “sangat layak”. 3) Hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh skor 45 atau persentase sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis” dan oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 91,53% dengan kriteria “sangat praktis” juga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui multimedia interaktif yang dikembangkan dapat dinyatakan layak dan praktis serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar kelas VIII..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Etnomatematika Menara Kudus, Articulate Storyline.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:16
Last Modified: 20 Jun 2023 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item