Analisis Restrukturisasi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Perspektif Manajemen Ekonomi Syariah (Studi Kasus KSU BMT Ben Makmur Kenduren)

Khoirunisa, Tri Indah (2023) Analisis Restrukturisasi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Perspektif Manajemen Ekonomi Syariah (Studi Kasus KSU BMT Ben Makmur Kenduren). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (936kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksut untuk mengetahui proses atau sistematika dan analisis penerapan restrukturisasi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah. Penelitian ini di lakukan di KSU BMT Ben Makmur Kenduren. Fokus masalah yang dikaji adalah 1) faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah KSU BMT Ben Makmur Kenduren? 2) SOP dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah dan 3) Bagaimana penerapan restrukturisasi dalam menangani pembiayaan bermasalah perspektif manajemen ekonomi syariah di KSU BMT Ben Makmur Kenduren? Adapun batas masalah dalam penelitian ini yaitu penerapan restrukturisasi dalam penanganan pembiayaan bermasalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field research) atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, subyek dalam penelitian ini yaitu ketua KSU BMT Ben Makmur Kenduren, manager KSU BMT Ben Makmur Kenduren, para staff KSU BMT Ben Makmur Kenduren dan nasabah yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dalam proses menganalisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan restrukturisasi penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSU BMT Ben Makmur Kenduren meliputi pendekatan persuasif, penerapan restrukturisasi bisa melalui (rescheduling) penjadwalan kembali dan (reconditioning) persyaratan kembali, melalui fungsi manajemen planning, organizing, motivating, accounting, dan coutrolling pembaharuan akad, dan bila tidak ada respon dari anggota maka akan diselesaikan melalui penyitaan jaminan atau pengadilan. Adapun dalam pelaksanaan restrukturisasi tersebut dapat membentuk nilai tanggung jawab, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndrianto, IrsadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Restrukturisasi, Pembiayaan Bermasalah, Manajemen Ekonomi Syariah.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:07
Last Modified: 03 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item