Implementasi Media Flash Card (Kartu Gambar) Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Baca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Insan Madani Ngroto Mayong Jepara

Silvana, Novia (2023) Implementasi Media Flash Card (Kartu Gambar) Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Baca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Insan Madani Ngroto Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Peneliti ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) Bagaimanakah implementasi media flash card (kartu gambar) hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan dasar baca Al-Qur’an anak usia dini di RA Insan Madani tahun pelajaran 2021/2022. (2) Bagaimana keberhasilan Implementasi Media Flash Card (Kartu Gambar) hijaiyah terhadap kemampuan dasar baca al-Qur’an Anak Usia Dini hijaiyah di RA Insan Madani tahun pelajaran 2021/2022. (3) Apa saja faktor pendukung media flash card (kartu gambar) hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan dasar baca Al-Qur’an anak usia dini di RA Insan Madani tahun pelajaran 2021/2022.(4) Apa saja faktor penghambat media flash card (kartu gambar) hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan dasar baca Al-Qur’an anak usia dini di RA Insan Madani tahun pelajaran 2021/2022 Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas serta anak didik kelompok A1 RA Insan Madani. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif menurut Miles dan Huberman yang dilakukan dengan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang Implementasi Media Flash Card (Kartu Gambar) Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Baca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Insan Madani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Media Flash Card Hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan dasar baca al-Qur'an anak usia dini RA Insan Madani Ngroto Mayong Jepara tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: (1) Implementasi ini terdapat 3 (tiga) tahapan dalam proses pembelajarannya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari hasil observasi dalam menggunakan media flash card hijaiayah menunjukkan bahwa hampir disetiap pertemuan anak bisa mendapatkan capaian skor yang baik, hal tersebut ditujukkan dengan hasil checklist skor: Anak mampu menunjukkan, menyebutkan, mengelompokkan huruf hijaiyah yang sesuai yang hampir seluruhnya mendapatkan skor 3 (Berkembang sesuai harapan) pada setiap anak kelas A1 RA Insan Madani Ngroto Mayong Jepara. (2) Maksud dari Media Flash Card (Kartu Gambar) ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan dasar baca Al-Qur'an anak usia dini dan semangat dan tidak bosan. (3) Adapun faktor pendukung yakni: Anak didik yang antusias dalam menerima pembelajaran, dukungan dari orang tua, sarana prasarana memadai, media yang tepat yang akan digunakan dengan baik, Peran orang tua (4) Sedangkan faktor penghambatnya adalah ada anak yang daya pikir dan kecerdasan tergolong kurang, Kesibukan orang tua, guru yang memiliki kualifikasi atau belum mempunyai ijazah S1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flash Card Hijaiyah, Kemampuan Dasar, baca Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:24
Last Modified: 04 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10441

Actions (login required)

View Item View Item