Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus pada Materi Segi Empat

Rahman, Muhammad Fathur (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus pada Materi Segi Empat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (827kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (565kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (411kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan merancang modul pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal kudus pada materi segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal kudus pada materi segi empat. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D‘. Research and Development merupakan metode penelitian yang bertujuan menciptakan suatu produk dan menguji kelayakan produk tersebut‘. Langkah pengembangan penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahap. Kelima tahap tersebut adalah analysis, design, development, implementation, evalution. Penelitian ini ditujukan terhadap peserta didik kelas VII di MTs Mafatihul Islamiyah Kudus yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data skor kuesioner. Dalam teknik analisis data ini, digunakan lima katagori pernyataan, yaitu : (1) Sangat Layak (SL) = 5, (2) Layak (L) = 4, (3) Cukup (C) = 3, (4) Kurang (K) = 2, dan (5) Sangat Kurang (SK) = 1. Dengan mengadopsi model konversi skor aktual menjadi nilai skala 5 yang dikemukakan oleh Sukardjo. Setelah dilakukan penelitian, didapat kesimpulan bahwa modul pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal kudus pada materi segi empat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 42,5 kategori sangat layak, ahli media dengan nilai rata-rata 40 kategori sangat layak, pengguna sekala kecil dengan nilai rata-rata 44 kategori sangat layak, dan pengguna skala besar dengan rata-rata nilai 43,21 kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaqiqi, Arghob KhofyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Etnomatematika, Budaya Lokal Kudus, Segi Empat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:18
Last Modified: 06 Jul 2023 04:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item