Implementasi Metode Al-Asas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di SMP Al-Anwar Sarang Rembang

Muafiah, Umi (2023) Implementasi Metode Al-Asas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di SMP Al-Anwar Sarang Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (482kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Al-Anwar Sarang Rembang, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Al-Anwar Sarang Rembang, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Sarang Rembang. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengambil lokasi di SMP Al-Anwar Sarang Rembang. Subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pengajar dan pengampu Al-Asas dan peserta didik. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Al-Anwar meliputi beberapa langkah, (A) Perencanaan yang meliputi: untuk kelas VII rencana dalam 1 tahun bisa mengkhatamkan materi Al-Asas jilid 1 sampai jilid 5, yang mana setiap 1 jilid ditargetkan untuk selesai dalam waktu 2 bulan, sedangkan untuk kelas VIII dan IX, fokus untuk pemantapan materi Al-Asas yang telah dipelajari dan diperoleh di kelas VII dengan cara praktik langsung ke dalam kitab kuning. (B) Pelaksanaan yang meliputi: kegiatan pendahuluan (takrar atau pengulangan nadhoman Al-Asas dan musyafahah atau tanya jawab), kegiatan inti (penyampaian materi dan evaluasi materi yang telah disampaikan), kegiatan penutup (tathbiq atau latihan/praktik langsung membaca kitab kuning sesuai dengan materi yang diajarkan). (C) Evaluasi yang meliputi: evaluasi harian, evaluasi mingguan dan evaluasi bulanan. (2) Faktor pendukung metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Al-Anwar Sarang Rembang dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal meliputi: niat dan minat yang kuat, semangat yang tinggi dan kedisiplinan diri, sedangkan faktor eksternal meliputi: dukungan dari orang tua, motivasi dari guru dan pengaruh teman dan lingkungan, terdapat guru yang kompeten atau profesional dan memfasilitasi kegiatan evaluasi seperti sorogan dan tathbiq, (3) Faktor penghambat metode Al-Asas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di SMP Al-Anwar Sarang Rembang yaitu alokasi waktu yang minim dan rendahnya daya serap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Al-Asas, Kitab Kuning.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:10
Last Modified: 07 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item