Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim al-muta’allim Karya Syeikh Az-Zarnuji dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibtidaiyyah

Sholihah, Aminatus (2023) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim al-muta’allim Karya Syeikh Az-Zarnuji dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibtidaiyyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (963kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Dilatar belakangi dengan merosotnya pendidikan akhlak di lingkungan masyarakat memunculkan berbagai permasalahan yang bersangkutan dengan akhlak yang mulai mencuat hingga menyebabkan degradasi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan karakter peserta didik tingkat MI. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dikaji aktualisasinya dengan pendidikan karakter peserta didik pada tingkat MI sebagai identitas bangsa Indonesia. Salah satu pendidikan akhlak dapat diperoleh dari kitab Ta’lim al-muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ta’lim al-muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji, serta relevansinya terhadap pendidikan karakter peserta didik pada tingkat MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer berasal kitab Ta’lim al-muta’allim dan sumber sekunder berasal dari buku-buku, jurnal, artikel dan hasil penelitian yang lain yang berkaitan dengan pendidikan akhlak. Untuk tekhnik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan menggunakan riset biografi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Kitab Ta’lim al-muta’allim berisi tentang akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama atau makhluk-Nya, dan akhlak kepada kitab atau buku serta pelajaran serta contoh sikap dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kitab ini terdapat 13 pasal yang semuanya peneliti gunakan sebagai bahan penelitian dan penulis kupas satu persatu, 13 pasal tersebut seluruhnya memiliki nilai-nilai akhlak. Adapun 13 pasal dalam kitab Ta’lim al-muta’allim adalah: Keutamaan belajar ilmu dan fiqh, Niat ketika belajar, Memilih ilmu, guru, dan teman, tekun dan semangant, Belajar pengaturan ilmu serta urutan ilmu, Seorang pelajar hendaknya mencatat ilmu-ilmu yang telah dipelajari, Tawakkal, Seorang pelajar hendaknya selalu bersabar dalam proses belajarnya, Waktu mencari ilmu, Kasih sayang dan nasihat, Mengambil faidah, Besikap wara', Hal-hal yang dapat memperkuat dan melemahkan hafalan serta hal–hal yang dapat memperpanjang dan memerpendek umur. 2) Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kitab Ta’lim al-muta’allim masih relevan sampai saat ini dengan pendidikan karakter peserta didik pada tingkat MI, nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-muta’allim dan selaras dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Pendidikan Akhlak, Pendidikan Karakter, Kitab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:24
Last Modified: 11 Jul 2023 01:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10497

Actions (login required)

View Item View Item