IMPLEMENTASI STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muanisah, Laiyatul (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (867kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (880kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (886kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (994kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (903kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (871kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (863kB)

Abstract

Belajar bukan semata-mata berorientasi pada penguasaan materi dengan menghafal fakta-fakta yang tersaji dalam mata pelajaran. Orientasi sesungguhnya dari proses belajar adalah memberikan pengalaman untuk jangka panjang, sehingga siswa harus dilibatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti mata pelajaran fiqih di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. (2) mendapatkan informasi mengenai implementasi strategi experiential learning dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Mazro’atul huda Karanganyar Demak. (3) memperoleh hasil mengenai faktor yang mempengaruhi implementasi strategi experiential learning dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan/field research yang dilaksanakan di kelas VII MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Sumber data primer peneliti peroleh dari kepala madrasah, guru fiqih, wali siswa dan siswa, sedangkan sumber data sekunder peneliti peroleh melalui dokumentasi, dokumen resmi, arsip dokumen pribadi. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi (sumber, teknik dan waktu), perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) keaktifan siswa dalam mengikuti mata pelajaran fiqih tidak hanya aktif fisiknya saja, tetapi psikisnya juga. Keaktifan siswa dapat dilihat dalam kegiatan pembelajaran baik dalam hal mendengarkan penjelasan, bertanya, berdiskusi, menjawab pertanyaan, maupun bermain peran. (2) Implementasi strategi experiential learning dalam meningkatkan keaktifan siswa dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dengan menyusun RPP. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, setelah itu kegiatan inti yang dilakukan dengan metode role play, dan tahap terakhir kegiatan penutup.Tahap ketiga yaitu evaluasi (3) Faktor yang mempengaruhi implementasi strategi experiential learning dalam meningkatkan keaktifan siswa diantaranya : Adanya guru yang berkompenten, siswa sudah memiliki pengetahuan dasar, minat siswa sangat tinggi, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya iklim sosial yang baik, faktor negatif yaitu: membutuhkan waktu yang relatif lama, tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda, dan kurangnya persiapan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Experiential Learning; Keaktifan Siswa; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 04:31
Last Modified: 21 May 2017 04:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item