Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi Di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati

Hana, Muhammad Rifqi Wifqil (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi Di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (706kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (831kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pendapat guru di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati tentang inklusi. (2) Langkah-langkah Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah menjadi sekolah berwawasan Inklusi. (3) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan inklusi di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. (4) Hasil dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan inklusi di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, guru pendamping khusus, guru BK, guru matematika dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, guru pendamping khusus dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam, dokumen pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dan sejarah sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pendapat guru di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati tentang inklusi yaitu pendidikan Inklusi merupakan konsep pendidikan yang mempresentasikan keseluruhan yang berkaitan dengan keterbukaan dalam menerima anak berkebutuhan khusus, Jenis inklusi di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah terdapat dua kategori yaitu slowlearner (lamban berfikir) dan tunadakasa (cacat anggota tubuh) keduanya belajar dalam satu kelas dengan reguler, saat belajar mengajar anak berkebutuhan khusus di tempatkan tempat duduk paling depan agar guru bisa memperhatikan anak berkebutuhan khusus. (2) Langkah-langkah Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah menjadi sekolah berwawasan Inklusi sebagai berikut: a) Pihak kepala madrasah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah se-kecamatan Batangan Pati, b) Penerimaan siswa berkebutuhan khusus. c) Infrastruktur, d) Penempatan siswa berkebutuhan khusus. Saat pembelajaran Pendidikan Agana Islam guru menempatkan anak berkebutuhan khusus tersebut pada meja dan kursi didepan. e) Tenaga pendidik. f) kurikulum dan g) kegiatan pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan inklusi di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati sebagai berikut: a) perencanaan, penilaian harian seperti keaktifan peserta didik dikelas dengan bertanya, dapat menjawab pertanyaan, dan menjawab soal ketika pelajaran. b) pelaksanaan, c) evaluasi. (4) Hasil dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan inklusi di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati yaitu: a) penilaian harian, b) penilaian mingguan, dengan ulangan soal maupun tugas individu/kelompok. c) PAS/PTS, Sejauh ini peserta didik baik ABK maupun yang non ABK memiliki nilai yang menarik yaitu semuanya dapat memenuhi batas minimum KKM yang telah ditentukan madrasah. Hal tersebut bisa dilihat di nilai raport terutama pada pelajaran PAI, semua anak ABK bisa memenuhi target yang telah ditentukan oleh guru. Setiap soal PTS dan PAS atas pertimbangan juga dari GPK untuk menilai kesulitan soal yang akan diberikan terutama kepada ABK.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorAtabik, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Inklusi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:39
Last Modified: 11 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item