PERAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PESANTREN DALAM MEMBENTUK PRIBADI SALEH DI MA NU TBS KUDUS TAHUN 2015

Setiawan, Aris (2016) PERAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PESANTREN DALAM MEMBENTUK PRIBADI SALEH DI MA NU TBS KUDUS TAHUN 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dasar penelitian dalam skripsi ini terdiri dari dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana peran pendidikan Islam berbasis pesantren di MA NU TBS Kudus Tahun 2015 ? (2) Bagaimana membentuk pribadi saleh di MA NU TBS Kudus tahun 2015 ? Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu kegiatan penelitian yang bersifat menggambarkan atau mendeskriptifkan suatu kejadian atau peristiwa, yaitu untuk mendiskripsikan peran pendidikan Islam berbasis pesantren dalam membentuk pribadi saleh di MA NU TBS Kudus Tahun 2015. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi. Kemudian analisis dengan mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, kemudian tahap terakhir ialah teknik analisis data. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA NU TBS Kudus telah menerapkan pendidikan Islam berbasis pesantren dalam membentuk pribadi saleh, hal ini dapat dilihat di Bab IV : Hasil Penelitian dan Pembahasan. 1. Peran Pendidikan Islam berbasis pesantren di MA NU TBS Kudus Tahun 2015 hampir identik seperti pesantren, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pengamatan peneliti, dengan adanya : a. Pendidikan Islam Berbasis Pesantren, yang meliputi : 1) Kurikulum berbasis pesantren; 2) Pembelajaran kitab; 3) Kurikulum lokal sebagai salah satu syarat kenaikan kelas maupun kelulusan b. Langkah-langkah Pelaksanaan pendidikan Islam, meliputi : 1) Pengenalan; 2) Pembiasaan; Keutamaan; 3) Keteladanan; 4) Penghayatan Nilai-Nilai; 5) Pengamalan Nilai- Nilai Islami; 6) Penelitian. 2. Membentuk pribadi saleh di MA NU TBS Kudus Tahun 2015 berjalan dengan baik dan sangat efektif hal ini dibuktikan menurut hasil pengamatan peneliti : a. Pembinaan Pribadi Saleh, yang meliputi : 1) Iman dan Tauhid; 2) Pembinaan Akhlak; 3) Pembinaan Ibadah dan Agama Pada Umumnya; 4) Pembinaan Kepribadian dan Sosial Anak; b. Implementasi kurikulum pendidikan Islam berbasis pesantren di MA NU TBS Kudus. Adanya siswa mengikuti pelajaran seperti sekolah formal pada umumnya dan melaksanakan kegiatan sebagai pengasah akademik siswa diantaranya : adanya Sains Club, Speaking English, Muhadatsah Bahasa Arab, Bahtsul Masa’il Intern serta Pengajian Dialogis. Disamping itu juga ada kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang dan penampung minat bakat siswa. Sehingga dengan adanya kurikulum lokal yakni pendidikan Islam berbasis pesantren sebagai penunjang dari rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yakni Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayan Islam (SKI), dibuktikan dengan nilai siswa MA NU TBS adalah nilai rata-rata siswa 85 mata rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diatas nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh madrasah yakni 75 Sehingga dengan hasil nilai tersebut bisa membentuk pribadi saleh pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 04:38
Last Modified: 21 May 2017 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item