Personal Branding Islami Kampung Budaya Piji Wetan

Kholifatunnisa, Kholifatunnisa (2023) Personal Branding Islami Kampung Budaya Piji Wetan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan yang dimiliki menjadi sebuah keunggulan yang menonjol. Oleh karena itu, personal branding menjadi salah satu cara untuk meningkatkan citra diri seseorang. Dalam era sekarang, membangun personal branding mudah dilakukan dengan adanya media sosial. Media sosial Instagram menjadi platform digital yang banyak dipilih untuk melakukan personal branding melalui akunnya tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding islami Kampung Budaya Piji Wetan di Instagram pada akun @kampungbudayapijiwetan. Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan terletak di Desa Lau Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi data terkait yang kemudian disajikan dalam pembahasan penelitian dengan bentuk naratif deskriptif. Analisis dalam kajian ini menggunakan konsep McNally dan Speak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan personal branding yang dilakukan oleh Kampung Budaya Piji Wetan di Instagram @kampungbudayapijiwetan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampung Budaya Piji Wetan memiliki tiga konsep dalam melakukan personal branding di Instagram @kampungbudayapijiwetan yakni ciri khas, relevansi, dan konsistensi. Adapun bentuk personal branding dari @kampungbudayapijiwetan memiliki ciri khas desain pamflet pada setiap postingan, video dokumenter pasca kegiatan, caption postingan, event zine, dan kecepatan dalam mengunggah postingan. Selain dari konsep McNally dan Speak dicantumkan pula konsep dari Montoya yang meliputi : spesialisai, kepribadian, perbedaan, kesatuan, kekuatan, keteguhan, kenampakan, dan nama baik. Konsep yang digunakan akan dikaitkan dengan apa yang terjadi di lapangan yakni Kampung Budaya Piji Wetan kemudian ditampilkan melalui konten islami dan dipublikasikan dalam Instagram @kampungbudayapijiwetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, MansurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Kampung Budaya Piji Wetan, Instagram
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:42
Last Modified: 17 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item