Fikria, Firda (2023) Upaya Peningkatan Tata Krama Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Kelas VI MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 01 COVER.pdf Download (2MB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 03 DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 04 BAB I.pdf Download (170kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 05 BAB II.pdf Download (216kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 06 BAB III OK.pdf Download (142kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 07 BAB IV.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 08 BAB V.pdf Download (75kB) | 
| ![[img]](http://repository.iainkudus.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | 
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, tata krama Jawa semakin berkurang di kalangan anak-anak hingga usia dewasa. Sehingga perlu adanya upaya peningkatan tata krama Jawa sejak dini di rumah dan di sekolah sebagai tempat belajar. Salah satunya melalui pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. 2) Untuk mengetahui upaya peningkatan tata krama Jawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI NU Tabiyatus Shibyan Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di MI NU Tarbiyatus Shibyan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Bahasa jawa dan dua peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, proses pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VI dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat yang dibuktikan dengan hasil observasi. Dalam proses pembelajaran, guru selalu menggunakan unggah-ungguh Jawa ketika menjelaskan materi pelajaran maupun berkomunikasi dengan peserta didik. Setelah guru menjelaskan materi pelajaran, peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran. Kedua, cara yang dilakukan untuk meningkatkan tata krama peserta didik yaitu melalui tahapan memberikan motivasi belajar kepada peserta didik, memberikan pengajaran Bahasa Jawa, membiasakan berkomunikasi sesuai unggah-ungguh basa, membiasakan berperilaku sesuai tata krama Jawa, dan melakukan penilaian.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Unggah-ungguh Jawa, Peningkatan Tata Krama Jawa | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:11 | |||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2023 07:11 | |||||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10577 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        