Layanan Bimbingan Kelompok untuk Menumbuhkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Berkepribadian Introvert Di MTs Negeri 3 Pati

Rahmawati, Devi Aenur (2023) Layanan Bimbingan Kelompok untuk Menumbuhkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Berkepribadian Introvert Di MTs Negeri 3 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok sebagai salah satu dari beberapa layanan BK untuk menumbuhkan kemampuan interaksi sosial peserta didik berkepribadian introvert di MTs Negeri 3 Pati, interaksi sosial mereka di MTs Negeri 3 Pati, dan faktor-faktor yang melatarbelakangi mereka berkepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, suatu pendekatan mengumpulkan data-data penelitian dengan cara memahami dengan mengamati suatu fenomena yang dialami subyek dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada para partisipan. Subyek penelitian ini ada 10 peserta didik berkepribadian introvert kelas IX MTs Negeri 3 Pati yang memiliki kemampuan rendah dalam berinteraksi sosial, 2 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Data- data yang dikumpulkan mengenai layanan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan kemampuan interaksi sosial peserta didik berkepribadian introvert di MTs Negeri 3 Pati yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data melalui teknik reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sesudah data dikumpulkan, serta dianalisis dengan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, serta bahan-bahan lainnya, penelitian ini berhasil memperoleh temuan yaitu sebagai berikut: 1) Interaksi sosial peserta didik kelas IX tergolong sudah baik, dengan keanekaragaman karakter sehingga membentuk berbagai macam interaksi sosial, ada yang aktif, selain itu ada yang pasif saat kegiatan pembelajaran ataupun saat jam istirahat. 2) faktor yang menyebabkan peserta didik berkepribadian introvert yaitu faktor genetik dan lingkungan, faktor genetik adalah faktor yang berasal dari sifat kedua orang tua, sedangkan faktor lingkungan yaitu cara asuh orang tua yang kurang tepat. 3) adanya layanan bimbingan kelompok dapat menumbuhkan interaksi sosial, perlahan mulai ada perubahan yang mana mereka sudah mampu melakukan interaksi sosial dengan lebih baik, peserta didik berkepribadian introvert mulai berkomunikasi kepada orang lain tanpa merasa gugup dan takut. Mereka menyadari pentingnya berinteraksi sosial dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial, Kepribadian Introvert.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:04
Last Modified: 18 Jul 2023 01:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item