Arif, Mohammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Maryam Ayat 59 - 98. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (306kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (348kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (612kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (728kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (420kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (261kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (396kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan Al-Dzikr yang memiliki arti peringatan karena di dalamnya mengandung peringatan-peringatan serta nasihat-nasihat yang memiliki kaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Peringatan dan nasihat tersebut ditujukan kepada orang yang bertakwa. Pendidikan Islam merupakan proses pengarahan perkembangan manusia pada sisi jasmani, akal, bahasa, tingkah-laku, kehidupan sosial, dan kehidupan keagamaan yang diarahkan kepada kebaikan menuju kesempurnaan. Pendidikan Islam identik dengan prinsip hidup setiap muslim, yakni beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkepribadian muslim, insan shalih guna mengemban amanat Allah sebagai khalifah di muka bumi dan beribadat kepada Tuhan untuk mencapai ridha-Nya. Untuk dapat mewujudkan pendidikan Islam yang baik dan efektif, seorang muslim harus mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam serta metodenya yang berada di dalam Al-Qur’an. Beberapa ayat Al-Qur’an yang menerangkan pendidikan Islam terdapat pada Surat Maryam ayat 59-98 yang di dalam penelitian ini dikaji dengan Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Edisi Keempat karya Prof. Dr. Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy dan Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia Edisi yang Disempurnakan. Penelitian ini merupakan penelitian library research yaitu penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka . Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data, kemudian mendeskripsikan dan menginterpretasikan temuan dengan cara yang relevan dengan pertanyaan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari sumber utama Al-Qur’an, As-Sunnah, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Edisi Keempat karya Prof. Dr. Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, dan Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia Edisi yang Disempurnakan. Penulis menggunakan tafsir tahlili dan teknik analisis isi untuk menemukan nilai dan metode pendidikan Islam dalam Surat Mayam ayat 59-98. Hasil penelitian ini adalah Surat Maryam ayat 59-98 memiliki sembilan nilai pendidikan Islam, meliputi iman kepada Allah, percaya bahwa Allah pencipta langit, bumi, dan semua yang ada di antara keduanya, iman akan bangkit dari kematian, iman bahwa Allah tidak memiliki anak, bertakwa, mendirikan salat, berzikir, bertasbih, rendah hati, dan saling menyayangi. Metode yang digunakan agar mencapai keefektifan nilai-nilai pendidikan Islam Surat Maryam ayat 59-98 adalah penggunaan metode internalisasi dengan teknik memberikan teladan, memberikan nasihat, tarhib, membiasakan, dan targhib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Akidah Akhlak, Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:23 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10587 |
Actions (login required)
View Item |