Hartono, Agus (2017) PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI JEPARA. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (897kB) |
|
Text
4. BAB-I-AGUS-HARTONO.pdf Download (887kB) |
|
Text
5. BAB-II-AGUS-HARTONO.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB-III-AGUS-HARTONO.pdf Download (887kB) |
|
Text
7. BAB-IV-AGUS-HARTONO.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB-V-AGUS-HARTONO.pdf Download (866kB) |
|
Text
9. DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (862kB) |
Abstract
Peran PKBM dalammasyarakat yang ada di Jeparacukupsignifikan. Hal ini bias dilihatmelaluiberbagaimacam program yang telahdilaksanakan.Mulaidari yang bersifatpenyadaran (pendidikandanpenyuluhan), sampaikepadapelatihan (Life Skills).Semua program iniberorientasipada proses pemberdayaanmasyarakat, khususnyamasyarakat yang ada di Jepara. Metode yang digunakan dalam Tesis ini, yaitu penelitian field research dan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi peran PKBM, anggota PKBM, DinasPendidikan, Tokohmasyarakat.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ujikredibilitas, uji transferability, ujidependability, ujiconfirmability. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan kegiatan yang dilakukanoleh PKBM Kabupaten Jepara dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Jepara lebih menekankan pada metode pembelajaran yang diterapkan oleh tutor pada PKBM Kabupaten Jepara yang termasuk dalam bahasan konsep andragogy, didasarkan pada pertimbangan karakteristik warga belajar yang telah dianggap sebagai individu dewasa. Metode pembelajaran yang diterapkan PKBM Kabupaten Jepara diimbangi dengan peran tutor PKBM Kabupaten Jepara yang menempatkan diri sebagai pendamping. Namun, terkait dengan proses pengelolaan pembelajaran, masih terdapat beberapa peran PKBM yang belum mampu dijalankan denganbaikoleh PKBM KabupatenJepara, diantaranya: minimnya kesadaran warga belajarakan pentingnya mengikuti proses pembelajaran dalam pendidikan, yang kemudian membuat peningkatan pengetahuan atau wawasan, keterampilan dan kemampuan warga belajar secara keseluruhan berjalan lambat. (2) PKBM Kabupaten Jepara sudah mampu menjalankan peranannya sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal yang memiliki tugas meningkatkan sumber daya manusia (SDM). keberhasilan PKBM dalam rangka pemberdayaan ditunjukkan oleh kemampuannya memperbesar peluang atau kesempatan komunitas warga belajar (termasuk di dalamnya anggota komunitas setempat) untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas hidup The role of Community Learning Center (CLC) inJepara society is significant enough. It can be seen through various programs that have been implemented. Ranging from the nature of awareness (education and counseling), to the training (Life Skills). All these programs are oriented towards community empowerment process, especially people in Jepara. The method used in thesis is the field of research and the approach used is a qualitative approach. Source of data used is primary data sources include the role of CLC, CLC members, the Department of Education, Public Figure. Technique of data collection used is the method of participant observation, unstructured interviews, documentation. Test the validity of data using are a credibility test, test the transferability, dependability test, testconfirmability. This study shows that: 1) Implementation of the activities carried out by CLC Jepara regency in the improvement of human resources (HR) in Jepara more emphasis on teaching methods that are applied by the tutor on CLC, it is the concept of andragogy, based on consideration of the characteristics of residents learning has been regarded as mature individuals. Applied learning method CLC in Jepara regency offset by the role of tutor PKBM Jepara regency who put themselves as a companion. However, in relation to the process of learning management, there are still some role CLC that has not been able to run well by CLC Jepara, including: lack of awareness of citizens to learn about the importance of the learning process in education, which then lead to increased knowledge or insight, skills and abilities of citizens overall learning to walk slowly. (2) CLC Jepara district has been able to play its role as one of the non-formal educational institutions that have the task of improving human resources (HR). CLC in order to empower the success demonstrated by its ability to increase the probability or chance of community residents to learn (including members of the local community) to enhance or improve their quality of life.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Community Learning Center; Human Resources |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 05:14 |
Last Modified: | 21 May 2017 05:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
View Item |