IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (SEBUAH STUDI KASUS DI SD NEGERI WEDARIJAKSA 01 TAHUN AJARAN 2014/2015)

Hidayati, Inayah (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (SEBUAH STUDI KASUS DI SD NEGERI WEDARIJAKSA 01 TAHUN AJARAN 2014/2015). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan pendidikan tertua di Indonesia. Pendidikan Islam dimulai sejak Islam datang ke Indonesia dan hingga sekarang eksistensi dan kualitasnya mulai menjadi perhatian. Pendidikan Islam yang bermutu bisa diwujudkan melalui reformasi manajemen. Salah satunya adalah dengan menggunakan manajemen berbasis sekolah (MBS). Beberapa lembaga pendidikan formal seperti SD, SMP dan SMA atau SMK telah berhasil mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah. Salah satunya adalah SD Negeri Wedarijaksa 01. Bagaimana proses implementasi MBS di SD Negeri Wedarijaksa 01 sangatlah penting diketahui sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatakan kualitas pendidikan di SD Negeri Wedarijaksa 01, (2) Bagaimana kualitas pendidikan di SD Negeri Wedarijaksa 01 dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Wedarijaksa 01. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah studi kasus di SD Negeri Wedarijaksa 01 yang sedang mengimplementasikan Manajemen berbasis sekolah. Teknik pengambilan data berupa teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependantabilitas dan konfirmabilitas, setelah itu data dianalisa dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis sekolah di SD Wedarijaksa 01 baik pada manajemen kurikulum, manajemen siswa dan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan telah mengacu pada esensi MBS yakni: otonomi, fleksibilitas, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. (2) Kualitas Pendidikan di SD Negeri Wedarijaksa setelah mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah semakin meningkat dengan beberapa indikator diantaranya adalah terdapat jaringan yang cepat dan hubungan yang baik antara sekolah dengan wali murid dan stake holders, sekolah memfasilitasi terbentuknya paguyuban wali murid di tiap kelas agar wali murid ikut terlibat dalam manajemen sekolah, dan guru menggunakan strategi pembelajaran PAKEM yang membuat pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang. (3) Faktor Pendukung dalam implentasi manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Wedarijaksa 01 diantaranya adalah: stakeholder memberikan dukungan pada proses pembelajaran, jumlah guru kelas dan guru mapel mencukupi sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar, efektif dan efisien, penggunaan dan pemanfaatan fasilitas sekolah yang maksimal dapat mendukung pembelajaran kontekstual. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain adalah: latar belakang orangtua murid yang berbeda-beda menyebabkan tidak semuanya setuju dengan kebijakan sekolah, SD Negeri Wedarijaksa 01 merupakan SD inti dan sering ditempati untuk lomba-lomba di tingkat kecamatan sehingga proses pembelajaran kadang-kadang terganggu, penggunaan strategi pembelajaran PAKEM membutuhkan banyak waktu, tenaga dan juga biaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 05:18
Last Modified: 21 May 2017 05:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item