Penerapan Media Pembelajaran Edmodo untuk Meningkatkan Kualitas Penilaian pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Wirosari Kabupaten Grobogan

Huda, Muhammad Nur Ihsan Miftahul (2023) Penerapan Media Pembelajaran Edmodo untuk Meningkatkan Kualitas Penilaian pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Wirosari Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (797kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil tema media pembelajaran, Berawal dari lemahnya media pembelajaran yang digunakan untuk melakukan penilaian/evalusi pada mapel PAI di SMPN 3 Wirosari Grobogan, peneliti terdorong untuk mengambil penelitian tentang media pembelajaran yang bernama edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan media edmodo pada mapel PAI di SMPN 3 Wirosari. (2) Penilaian siswa pada mapel PAI sebelum dan sesudah menggunakan media edmodo. (3) kelebihan dan kekurangan media edmodo kearah siswa dan mapel PAI. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan mixmethod. Tehnik pengumpulan data yang diperoleh dari metode observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini di antaranya adalah guru PAI, Edmodo, dan siswa kelas 7a, 7b, dan 8b. Analisis data dengan cara Pengumpulan data, pembandingan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media edmodo pada mapel PAI di SMPN 3 wirosari berjalan dengan lancar mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Penilaian siswa pada mapel PAI di SMPN 3 Wirosari sebelum dan sesudah menggunakan media edmodo dari yang awalnya menggunakan media jadul digantikan dengan penggunaan media edmodo yang lebih efisien dan mempercepat kinerja guru dalam melakukan penilaian terhadap siswanya. (3) kelebihan media edmodo kearah siswa dan mapel PAI yaitu mempermudah dalam pengerjaan tugas-tugas yang diberikan oleh guru PAI, menghemat kertas, memperoleh nilai dengan lebih cepat. mempermudah guru PAI dalam menyampaikan tugas, memberikan nilai dengan sangat cepat.. Kekurangan media edmodo kearah siswa dan mapel PAI kendala pada siswa yang tidak memiliki gadget dan kehabisan kuota karna penggunaan media edmodo sangat membutuhkan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Edmodo pada Mapel PAI, Media Edmodo, Penilaian Siswa pada Mapel PAI.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:58
Last Modified: 20 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item