Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MA NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus

Huda, Moh. Miftakhul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MA NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (904kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui tentang bagaimana penerapan model pembelajaran Learning Cycle yang digunakan oleh guru mata pelajaran Fikih kelas X Madrasah Aliyah NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran Fikih kelas X di Madrasah Aliyah NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya dampak yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran Fikih kelas X di Madrasah Aliyah NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif pada MA NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Adapun subjek yang dipilih oleh peneliti yaitu terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran Fikih kelas X dan beberapa peserta didik kelas X MA NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Fikih kelas X, dan beberapa peserta didik kelas X. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa dokumentasi terkait profil sekolah dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik atau metode yang menggunakan tiga metode dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Dalam penerapan model Learning Cycle terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi (eksploration), pengenalan konsep (concept introduction), dan penerapan konsep (concept application). Tahap tersebut selanjutnya mengalami perkembangan inovasi menjadi lima tahap yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Fikih kelas X dan sebagaimana disebut dengan model Learning Cycle “5E” yaitu meliputi engagement (undangan), eksploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan), dan evaluation (evaluasi). 2) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran Learning Cycle guru memiliki kompetensi, antusiasme siswa, guru mempunyai sikap dan rasa simpatik pada siswa, guru kreatif dan inovatif, serta adanya dukungan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, ketidak aktifan siswa, kelas tidak kondusif, karakteristik siswa yang berbeda, dan sarana prasarana yang kurang maksimal. 3) Dampak penerapan model pembelajaran Learning Cycle yaitu partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran menjadi menyenangkan, meningkatkan kreativitas siswa, kemandirian siswa, dan kualitas belajar siswa memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Learning Cycle, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:36
Last Modified: 24 Jul 2023 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item