Penerapan Metode Discussion Group (DG) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP 1 Jekulo

Anam, Adi Khoirul (2023) Penerapan Metode Discussion Group (DG) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP 1 Jekulo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (606kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Discussion Group (DG), Hambatan dalam penerapan metode Discussion Group (DG), dan juga Keberhasilan dalam penerapan metode Discussion Group (DG)untuk Meningkatkan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII di SMP 1 jekulo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode action research.Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pada penelitian ini peneliti melalukan wawancara dengan kepala madrasah, guru IPS kelas VIII, dan peserta didik kelas VIII. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Penerapan metode Discussion Group untuk MENINGKATKAN keterampilan sosial pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Jekulodapat disimpulkan dilaksanakan dengan dua tahap. Adapun tahapnya; a.) Perencanaan pembelajaran berupa menyusun RPP dan menyiapkan media, b) Pelaksanaan pembelajaran berupa pelaksanaan kegiatan metode discussion group serta evaluasi. Hambatan dalam penerapan metode Discussion Group untuk Meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Jekulo adalah 1) keterbatasan waktu, 2) peserta didik yang kurang aktif, 3) jumlah peserta didik yang terlalu banyak Keberhasilan penggunaan metode discussion group untuk mengmbangkan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Jekulo secara keseluruhan mampu Meningkatkan keterampial sosial. Dibuktikan dengan berkembangnya peserta didik dapat bertukar pendapat dengan anggota kelompoknya tidak hanya dengan anggota kelompoknya mereka boleh membantu yang lain untuk menyelesaikan masalah, dan juga banyak peserta didik yang awalnya malu atau takut akhirnya berani berbicara didepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Discussion Group (DG), Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:57
Last Modified: 24 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item View Item