Relevansi Pemikiran Kesetaraan Gender R.A. Kartini Dengan Konsep Feminisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Sabela, Aprilyawati (2023) Relevansi Pemikiran Kesetaraan Gender R.A. Kartini Dengan Konsep Feminisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif atau sering disebut penelitian yang tidak melibatkan perhitungan berdasarkan data kuantitatif bersifat deskriptif dan akan datang dalam bentuk pernyataan atau frasa tertulis yang berasal dari sumber data yang relevan dengan judul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) atau disebut juga penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai bahan yang terdapat dalam buku. Teknik analisa data yang diperoleh penulis menggunakan kajian isi (Content Analisys) terhadap tulisan-tulisan Kartini tentang kesetaraan gender. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pemikiran dan konsep feminisme R.A. Kartini terhadap perempuan, pendidikan diyakini Kartini dapat memberikan kemampuan kepada seseorang untuk berfikir secara rasional dan objektif, Kartini menaruh harapan dan usahanya untuk kemajuan perempuan, untuk merombak kultur feodal-patriakal yang sudah lama membelenggu kaum perempuan, dimana kaum perempuan hanya dibatasi dalam sektor domestik. Dari latar belakang tersebut tujuan yang akan peneliti sampaikan adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran kesetaran gender Kartni dalam pendidikan Islam, untuk mengetahui nilai konsep feminisme Kartini dalam pendidikan Islam, untuk mengetahui keterkaitan pemikiran Kartini tentang kesetaraan gender dan konsep feminisme dalam pendidikan Islam. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (a) setiap manusia laki-laki maupun perempuan memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama sebagai hamba Allah, khalifah di bumi dan berpotensi meraih prestasi. (b) dalam pemikiran Kartini peran dan beban yang berada ditangan perempuan tidak hanya dalam lingkup dalam tetapi juga dalam lingkup luar. (c) pemikiran Kartini relevan dengan konsep feminisme pendidikan Islam, serta pendidikan tanpa diskriminasi yang terealisasikan dari pemikiran kesetaraan gender Kartini relevan dengan konsep feminisme pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Thesis advisorM.Nur, Dany MiftahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemikiran R.A. Kartini, Gender, Feminisme Pendidilkan Islam
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kedudukan Wanita
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:03
Last Modified: 24 Jul 2023 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item