Analisis Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Tematik Di SD 2 Pasuruhan Lor, Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Chairunnisa, Widya (2023) Analisis Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Tematik Di SD 2 Pasuruhan Lor, Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)

Abstract

Kurikulum yang terus berganti menyesuaikan zaman menjadikan sistem pembelajaran menjadi lebih sulit untuk dipahami sebagian anak, tak jarang orang tuapun menjadi kebingungan mendampingi putra-putri mereka dalam. Berdasarkan permasalahan yang ada maka tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui problematika orang tua dalam mendampingi proses belajar tematik anak kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor tahun 2021/2022. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi penghambat orang tua dalam mendampingi belajar tematik anak kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor tahun 2021/2022. 3) Untuk mengetahui solusi yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi hambatan dalam mendampingi belajar tematik anak kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor tahun 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah selaku pemilik kebijakan tertinggi, , orang tua anak selaku kunci utama dalam memperoleh data, serta anak kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) problematika orang tua mendampingi anak belajar tematik adalah a) orang tua tidak tahu apa itu tematik, b) orang tua bingung dengan materi tematik yang terlalu banyak dalam satu buku, c) orang tua tidak mampu membangun suasana belajar yang menarik saat mendampingi anak belajar tematik sehingga anak merasa cepat bosan. 2) faktor yang mempengaruhi hambatan yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar tematik sebagai berikut: a) kurang mampu membagi waktu untuk mendampingi anak belajar, b) orang tua lelah bekerja, c) orang tua sulit memahami materi, d) keterbatasan ekonomi, e) kesulitan mengkondisikan anak, f) anak sulit konsentrasi. 3) Solusi yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi problematika saat mendampingi anak belajar tematik, yaitu a) guru mengadakan sosialisasi kepada orang tua terkait kurikulum 2013 pembelajaran tematik sehingga orang tua mengetahui pandangan teehadap pembelajaran tematik saat mendamoingi anak belajar, b) orang tua dapat mengaitkan materi belajar tematik dengan kegiatan sehar-hari, sehingga anak mudah untuk mengingat dan memahami muatan dalam pembelajaran tematik, c) menciptakan suasana belajar tematik yang menyenangkan dengan melibatkan anak sehingga anak menjadi semangat saat belajar tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaubah, MufatihatutUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Orang Tua, Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:17
Last Modified: 24 Jul 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item