Analisis Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Akad Multiguna Syariah di BMT Mitra Mu’amalat Kudus Pada Masa Pandemi Tahun 2020-2021

Hadiati, Ully Nuha (2023) Analisis Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Akad Multiguna Syariah di BMT Mitra Mu’amalat Kudus Pada Masa Pandemi Tahun 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Dari latar belakang penelitian ini membahas masalah-masalah yang terjadi pada masa covid-19 di lembaga keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19 di BMT kasus pembiayaan yang terjadi di masa pandemi covid-19 mengarahkan peneliti untuk 1) mengetahui praktik pembiayaan akad multiguna syariah pada BMT Mitra Mu’amalat kudus. 2) mengetahui bagaimana langkah penyelesaian yang diambil oleh BMT Mitra Mu’amalat dalam menyelesaikan kasus pembiayaan bermasalah pada akad Multiguna syariah di masa pandami covid-19. 3) mengetahui hambatan dan solusi yang diberikan pihak BMT Mitra Mu’amalat dalam menyelesaikan kasus pembiayaan bermasalah pada akad multiguna syariah. Meode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh berdasarkan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan manager BMT Mitra Mu’amalat kudus. Tehnik analisis data pada penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif. Munculnya pandemi covid-19 membuat penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad multiguna syariah sedikit berbeda dari sebelum adanya pandemi covid-19. Hasil dari penelitian yaitu 1) praktik pembiayaan akad multiguna syariah di BMT Mitra Mu’amalat yaitu dengan melengkapi pengajuan akad multiguna syariah dan mengikuti prosedur yang berlaku di BMT Mitra Mu’amalat Kudus. 2) langkah penyelesaian pada akad multiguna syariah adalah dengan memberikan surat tagihan, pemantauan nasabah, dan penjadwalan ulang pada akad pembiayaan yang bermasalah. 3) hambatan dan solusi yang dihadapi dalam menyelesaian dapat diatasi oleh pihak BMT Mitra Mu’amalat kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuhadi, SuhadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah, Baitul Mal Wa Tamwil, Pandemi Covid-19
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:19
Last Modified: 25 Jul 2023 01:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item