Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Proyek Pengolahan Sampah Organik Harian Materi Pencemaran Lingkungan SMP/MTs Kelas VII

Sa’diyah, Chalimatus (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Proyek Pengolahan Sampah Organik Harian Materi Pencemaran Lingkungan SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (836kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (916kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB)

Abstract

Tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dari rangkaian aktivitas yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Proses pencapaian tujuan pembelajaran ditujukan agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar, sehingga siswa memperoleh makna agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan media cetak dan penyampaian secara konvensional menyebabkan pembelajaran yang monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan prosedur pada pengolahan sampah organik harian, (2) menganalisis desain dan karakteristik video pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan, dan (3) menganalisis pengembangan video pembelajaran berbasis proyek pengolahan sampah organik harian materi pencemaran lingkungan SMP/MTs Kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Dissemination) yang kemudian disederhanakan menjadi 3D hanya sampai pada tahap Develop. Prosedur pengembangan diawali dengan mini riset yang dilakukan dengan model Rancangan Acak Lengkap Non Faktorial (RALNF) kemudian pengembangan produk menggunakan model 3D. Design pengembangan video pembelajaran diawali dengan pembuatan konten yang berisi pembuatan POC. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket. Subjek ujicoba dilakukan kepada guru IPA dan siswa melalui angket uji respon. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran berbasis proyek pengolahan sampah organik harian materi pencemaran lingkungan. Sampah organik harian diolah menjadi pupuk organik cair (POC) melalui mini riset. Selanjutnya hasil mini riset dijadikan konten dalam produk yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi diperoleh 81,5% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi ahli media diperoleh 86,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji respon guru diperoleh 88% dengan kategori “Sangat Baik”, dan hasil uji respon siswa diperoleh 84% dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran berbasis proyek, sampah organik harian, pencemaran lingkungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:46
Last Modified: 25 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item