Manajemen Strategi dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Siswa MA Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2021

Bahiyah, Khoridatul (2023) Manajemen Strategi dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Siswa MA Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (958kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (859kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Upaya peningkatan mutu pendidikan tidak akan memenuhi sasaran yang diharapkan tanpa dimulai dengan peningkatan mutu peserta didik atau mutu lulusan. Mutu adalah sebuah perubahan yang memerlukan waktu jangka panjang. Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu memerlukan rencana-rencana strategi. MA Sunan Prawoto merupakan sekolah yang menyiapkan manajemen strategi untuk meningkatkan kualitas mutu dalam lulusan peserta didiknya. Penelitian ini membahas tentang manajemen strategi dalam upaya peningkatan mutu lulusan siswa MA Sunan Prawoto kecamatan sukolilo kabupaten Pati tahun ajaran 2021. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan Manajemen Strategi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu lulusan siswa MA Sunan Prawoto, Bagaimana Pelaksanaan manajemen strategi dalam peningkatan Mutu lulusan Siswa MA Sunan Prawoto, (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan Manajemen Strategi dalam Peningkatan mutu lulusan Siswa MA Sunan Prawoto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan manajemen strategi dalam upaya peningkatan mutu lulusan siswa MA Sunan Prawoto (a) melakukan analisis lingkungan intenal dan (b) analisis lingkungan eksternal sekolah (c) berkoordinasi dengan wakil kepala untuk merumuskan program (pemilihan strategi) sekolah dengan menentukan strategi melalui pengembangan program/kegiatan sekolah. (2) Pada MA Sunan Prawoto, pelaksanaan strategi diikuti dengan pemilihan strategi (a) membentuk koordinator/penanggungjawab untuk setiap program dalam kegiatan, (b) melakukan sosialisasi program sekolah kepada komite, orang tua/wali siswa, dan pihak-pihak terkait, (c) mengembangkan program unggulan sekolah yang dimulai dari tahap PPDB, (d) pengembangan program/kegiatan pada bidang wakil kepala sekolah dan peningkatan sumber daya guru. (3) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah (a) supervise atau pengawasan langsung terhadap jalannya program (b) pelaksanaan evaluasi rutin pada proses pembelajaran, (c) melalui laporan kegiatan dan rapat evaluasi sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Upaya, Peningkatan, Mutu Lulusan, Siswa, Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:42
Last Modified: 26 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item