Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Mandiri Siswa di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang

Markhamah, Siti (2023) Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Mandiri Siswa di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru, dimana para siswa hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh guru di sekolah tanpa adanya inisiatif untuk mencari sumber belajar lainnya padahal sekarang ini telah terjadi perkembangan pada teknologi informasi yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penyampaian, implementasi, dan keberhasilan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis model Problem Based Learning untuk mengembangkan sikap mandiri siswa di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kelas IX B, guru IPS, dan kepala madrasah di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari Miles dan Huberman. Penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Karakteristik penyampaian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis model Problem Based Learning di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang disampaikan menggunakan permasalahan nyata yang dekat dengan kehidupan siswa dan menyampaikan permasalahan dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga hal ini dapat menggerakkan siswa untuk membiasakan bersikap mandiri dalam belajar dengan mencari tambahan ilmu dari media sosial. 2) Implementasi model Problem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang telah dilaksanakan dengan baik sesuai sintaks pembelajaran yang tercantum di dalam RPP. Kegiatan belajar tersebut mengharuskan siswa untuk melakukan penyelidikan dan mengumpulkan data/informasi dari berbagai sumber belajar sehingga membuat siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar. 3) Keberhasilan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis model Problem Based Learning untuk mengembangkan sikap mandiri siswa di MTs Tauhidiyah Sulang Rembang menunjukkan hasil yang positif, terlihat siswa disana telah mampu memiliki keinginan yang kuat dari dalam diri sendiri untuk belajar, adanya inisiatif untuk menyelesaikan masalah, bertanggung jawab atas tindakannya sendiri, serta telah muncul rasa inisiatif siswa untuk mencari sumber belajar lain agar menambah wawasan tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, dan Sikap Mandiri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:04
Last Modified: 27 Jul 2023 01:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item