Pengembangan Media Tangga Pintar Berbasis QR Code dengan Nilai Keislaman pada Materi Jaringan Tumbuhan di tingkat SMA/MA

Zuslia, Venty (2023) Pengembangan Media Tangga Pintar Berbasis QR Code dengan Nilai Keislaman pada Materi Jaringan Tumbuhan di tingkat SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-PENGANTAR.pdf

Download (860kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (948kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media tangga pintar berbasis QR code dengan nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA. Untuk mengetahui kelayakan terhadap pengembangan media tangga pintar berbasis QR code dengan nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Langkah 4D diantaranya: define (Pendefinisian), design (Perencanaan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebarluasan). Penelitian ini diuji cobakan di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa dari kelas XI MIPA dan XI MIPA Tahfidz MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus yang telah mendapatkan materi jaringan tumbuhan pada mata pelajaran Biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli serta hasil uji coba media tangga pintar berbasis QR code dengan nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cluster random. Pengolahan data dianalisis menggunakan analisis RASCH model dengan bantuan software Winsteps. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media tangga pintar berbasis QR code dengan nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA. Tangga pintar dibuat menggunakan bahan styrofoam gabus, QR code dibuat menggunakan aplikasi QR Monkey. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 88,64% masuk pada kategori “Sangat valid”. Ahli materi mendapatkan skor 93,75% masuk pada kategori “Sangat valid”. Pada ahli evaluasi mendapatkan hasil layak digunakan untuk pembelajaran. Pada analisis penilaian guru mendapatkan skor 94,43% masuk pada kategori “Sangat praktis”. Pada analisis penilaian siswa mendapatkan skor 69,38% menunjukkan kategori “Praktis”. Maka media tangga pintar layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Nilai person reliability (Respon cocok) mendapatkan skor sebesar 0,79 masuk pada kategori “Cukup”. Maka person menjawab dengan benar pada penelitian ini. Nilai alpha Cronbach sebesar 0,79 masuk pada kategori “Bagus”, dan item reliability sebesar 0,97 masuk pada kategori “Istimewa”. Pada dimensionality (Mengukur media sudah layak atau tidak) dari nilai raw variance explained by measures sebesar 68,2% kategori “Istimewa” sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan layak digunakan. Media tangga pintar berbasis QR code dengan nilai keislaman pada materi jaringan tumbuhan di tingkat SMA/MA layak digunakan dalam pembelajaran karena pengembangan media ini sudah melalui tahapan dengan runtut dan dapat dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: jaringan tumbuhan, media tangga pintar, nilai keislaman.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:53
Last Modified: 27 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item