Shofia, Novia Ayya (2023) Pengembangan Video Animasi Berbasis Nilai – nilai Islam Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (740kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (520kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D/Pengembangan dengan model PPE versi Richey dan Klein. Terdapat 3 tahapan dalam pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis nilai – nilai islam pada materi sistem peredaran darah yaitu Planning (Perancangan),Production (memproduksi) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kepraktisan produk tersebut melalui validasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media serta kepraktisan pendidik dan peserta didik. Berdasarkan need assessment (analisis kebutuhan) pendidik dan peserta didik membutuhkan inovasi baru terkait media pembelajaran yang bervariatif diera digitalisasi yang semakin maju. Pada tahap uji kevalidan produk, media dan instrumen divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, pada tahap uji kepraktisan produk dinilai oleh pendidik biologi dan peserta didik kelas XI MIPA 1 MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati yang berjumlah 31 peserta didik yang telah mendapatkan materi sistem peredaran darah pada mata pelajaran Biologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi dari ahli media, ahli materi juga uji coba kepraktisan pada pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video animasi berbasis nilai – nilai islam pada materi sistem peredaran darah yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Animaker. Produk tersebut memenuhi kriteria valid dan praktis dengan perolehan penilaian dari validator ahli materi sebesar 90% dengan kategori “Sangat Valid” dan validator ahli media sebesar 80% dengan kategori “Sangat Valid”. Kemudian kepraktisan oleh pendidik Biologi dan peserta didik memperoleh skor persentase masing – masing 96% dan 85% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dari keseluruhan validasi dan uji coba kepraktisan, video animasi berbasis nilai – nilai islam pada materi sistem peredaran darah memenuhi kategori valid dan praktis sehingga produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di lapangan. Media yang dikembangkan diharapkan media dapat menjadi alternative media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Video, Media Video Berbasis Nilai – nilai Islam, Sistem Peredaran Darah, Uji Kepraktisan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10697 |
Actions (login required)
View Item |