Kontekstualisasi Nilai-Nilai Akidah Akhlak Dalam Novel Janji Karya Tere Liye Terhadap Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah

Yani, Sefri Riza Afri (2023) Kontekstualisasi Nilai-Nilai Akidah Akhlak Dalam Novel Janji Karya Tere Liye Terhadap Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (778kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Materi akidah akhlak menjadi salah satu materi pokok dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di semua jenjang sekolah untuk memperoleh nilai-nilai pendidikan. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal saja, nilai-nilai pendidikan juga dapat diperoleh melalui karya-karya sastra. Penelitian ini adalah studi pustaka, yang mencoba menganalisis nilai-nilai Akidah Akhlak dalam novel Janji karya Tere Liye untuk kemudian dikaitkan dengan materi Akidah Akhlak madrasah Aliyah, dan peran novel sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah metode penelitian yang mempunyai isi menggabungkan teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah bentuk karya sastra tertentu, Sehingga subjek dalam penelitian ini adalah naskah novel Janji karya Tere Liye. Data-data tentang nilai-nilai Akidah Akhlak dalam novel Janji karya Tere Liye dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumenter, analisis teks, dan analisis wacana. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik analisis isi dan analisis deskriptif, penelitian ini berhasil memperoleh hasil temuan sebagai berikut : Nilai Akidah, dalam novel Janji karya Tere Liye diantaranya, Iman kepada Allah SWT, Iman kepada Rasul Allah SWT, Iman kepada Malaikat Allah SWT, Iman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT. Nilai Akhlak, dalam novel Janji karya Tere Liye diantaranya, Adab menerima tamu, kerukunan, ikhlas, menghindari dosa besar, tolong menolong, adab kepada tetangga, larangan zalim, taubat, berprasangka baik, adab kepada orang tua/orang yang lebih tua, jujur, larangan ghibah, akhlak pergaulan remaja, dan sedekah. . Kontekstualisasi nilai Akidah Akhlak dalam novel Janji karya Tere Liye terhadap materi Akidah Akhlak madrasah Aliyah meliputi: nilai Akidah keimanan yang berupa Iman kepada Allah, selaras dengan materi pembelajaran akidah akhlak tentang bab mengenal sifat-sifat Allah SWT. Sedangkan nilai Akhlak berupa adab menerima tamu, kerukunan, menghindari dosa besar, taubat, kisah teladan Nabi Luth, zalim, ghibah, pergaulan remaja, adab kepada orang tua/ora yang lebih tua, selaras dengan bab ayo bertaubat, bab hidup mulia dengan menghormati orang tua dan guru, bab kisah teladan nabi, bab menjauhi perilaku tercela, bab menghindari dosa besar, bab adab dalam menerima tamu, bab akhlak pergaulan remaja, bab kunci kerukunan, bab ragam sikap tercela. Dengan demikian novel Janji karya Tere Liye dapat digunakan sebagai media pembelajaran akidah akhlak madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kontekstualisasi, Nilai Akidah Akhlak, Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:03
Last Modified: 27 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item