Implementasi Metode Pembelajaran Crossword puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS IX di SMP Negeri 02 Trangkil Pati

Niswatin, Novia Fatwa (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Crossword puzzle Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS IX di SMP Negeri 02 Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran IPS terdapat kreativitas siswa kurang maksimal dalam proses pembelajaran berlangsung dengan adanya ketidaksesuaian metode pembelajaran dengan semangat belajar siswa sehingga siswa dalam kegiatan belajar mengajar kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, bahkan beberapa siswa condong sibuk dengan kegiatanya sendiri yang tidak ada hubungannya dengan materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui penerapan metode crossword puzzle untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX DI SMP Negeri. 2) Mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi metode pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 02 Trangkil Pati. 3) Mengetahui hasil penggunaan metode pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini adalah jenis penelitian (field research) atau disebut dengan penelitian lapangan., dimana peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk melaksanakan penelitian, pengamatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk mendapatkan data tentang metode pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX. Dari informan yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Pengetahuan Mata Pelajaran IPS Semakin Luas, Peserta didik mendapatkan nilai yang bagus, dan juga Kreativitas belajar siswa meningkat, siswa juga aktif dalam mengikuti pembelajaran dan berfikir kreatif dalam pembelajaran, siswa dapat mengembangkan kreatifnya dengan ikut perlombaan di luar sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Crossword puzzle, Mata Pelajaran IPS, Kreativitas belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:23
Last Modified: 27 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item