Mutiara, Sela Nira (2023) Hubungan Disposisi Matematis dan Gender terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (341kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (350kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (482kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (555kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (637kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (408kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (484kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus, (2) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gender terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus, dan (3) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dan gender terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bae Kudus dengan jumlah peserta didik kelas X sebanyak 392 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan peneliti yaitu kelas XE8 dengan jumlah 32 anak. Data penelitian diperoleh melalui, angket, dokumentasi, dan tes. Data tersebut kemuadian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil analisis data, mendapatkan hasil bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus dengan nilai yang diperoleh thitung (7,086) > ttabel (2,045), (2) Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara gender dengan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bae dengan nilai thitung (0,31) < ttabel (2,045), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dan gender terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus. Besarnya hubungan terlihat dari taraf signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan. Sedangkan persentase hubungan disposisi matematis dan gender sama terhadap hasil belajar bisa dilihat dari nilai nilai R square atau koefisien determinasi. Dari output menunjukkan nilai R2 (adjusted R square) memperoleh nilai 0,611 Jadi sumbangan hubungan dari variabel independen disposisi matematis dan gender yaitu 61,1%, sedangkan 38,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Disposisi Matematis, Gender, Hasil belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:27 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10702 |
Actions (login required)
View Item |