Putri, Meilinawati (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Media Poster Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Sistem Pernapasan Manusia kelas XI MA Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (543kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (737kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (388kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis poster pada materi Sistem Pernapasan Manusia kelas XI di MA Hasyim Asy’ari 2 Kudus. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis poster. 3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen tipe Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini sebanyak 36 siswa dan sampel sebanyak 36 siswa dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar obseravasi, angket respon siswa dan tes berupa pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Maan-Whitney dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share disertai media poster pada materi sistem pernapasan manusia diperoleh keterlaksanaan sintaks sebesar 93% termasuk kriteria sangat baik dan respon siswa sebesar 77,28% pada kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 100% pada kategori tidak kritis sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 95,46% pada kategori tidak kritis. Sesudah pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 72,76% pada kategori kurang kritis sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 68,22% pada kategori sangat kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Maan-Whitney diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000, dengan nilai ⍶ = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < ⍶ (0,05). Dengan demikian H1 diterima, artinya implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share disertai media poster efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi sistem pernapasan manusia kelas XI MA Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Hasil uji N-gain diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model kooperatif tipe think pair share disertai media poster sebesar 0,75% termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Think Pair Share, Poster, Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:51 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10712 |
Actions (login required)
View Item |