Keefektifan Pembelajaran Daring Melalui Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas XI MA NU Al- Hidayah Tahun Ajaran 2021/2022

Fitriyani, Sholichah Noor (2023) Keefektifan Pembelajaran Daring Melalui Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas XI MA NU Al- Hidayah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui adanya perbedaan pada kemandirian belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran daring melalui media pembelajaran Quizizz dengan kemandirian belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran ceramah pada peserta didik di kelas XI MA NU Al-Hidayah. 2) untuk mengetahui keefektifan kemandirian belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran daring melalui media pembelajaran Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil data dari MA NU Al Hidayah Kudus dengan sampel penelitian 58 peserta didik dari jumlah populasi sebanyak 90 peserta didik kelas XI. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling . Hasil uji validitas Product Moment Pearson Correlation dari 31 butir menjadi 28 butir pernyataan yang valid. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan yaitu uji t. Adapun hasil penelitian yaitu: 1) Hasil analisis uji t dua pihak menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran daring melalui media pembelajaran Quizizz dengan kemandirian belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. 2) Adapun hasil dari analisis uji t satu pihak menyatakan bahwa dapat dilihat thitung ≥ttabel yaitu 2,863 ≥ 1,703 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemandirian belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran daring melalui media pembelajaran Quizizz lebih baik daripada kemandirian belajar matematika metode pembelajaran ceramah. Selain itu, rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 0,48 dan 0,12 yang artinya keefektifan kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan penerapan metode pembelajaran daring melalui media pembelajaran Quizizz terhadap kemandirian belajar matematika peserta didik mampu menambah rasa tanggung jawab, disiplin , inisiatif pada diri sendiri, kepercayaan diri serta kontrol diri pada diripeserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran Quizizz, Kemandirian Belajar Matematika.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:47
Last Modified: 28 Jul 2023 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item