Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Melatih Aspek Afektif Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PPKN MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus

Ulya, Naily Himmatul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Melatih Aspek Afektif Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PPKN MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1. Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving pada siswa kelas IV mata pelajaran PPKN di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. 2. Untuk mengetahui latihan pada aspek afektif melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving pada siswa kelas IV mata pelajaran PPKN di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving pada siswa kelas IV mata pelajaran PPKN di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptf analisis. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. selanjutnya untuk memperoleh data,penulis mengambil dari data primer yaitu kepala sekolah, guru PPKN kelas IV, dan siswa kelas IV. Selanjutnya data sekunder berupa arsip atau dokumentasi yang berkaitan dengan madrasah dan berkaitan dengan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan creadibily, triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), transferability,depenability, confirmability. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving sesuai dengan RPP dengan langkah-langkah Pendidik memberikan permasalahan kepada peserta didik dengan diskusi kelompok, Peserta didik mencari solusi, Pendidik membimbing pelaksanaan diskusi, Pendidik mempersilahkan peserta didik untuk menjawab hasil diskusi dengan cara presentasi, Pendidik berdiskusi dengan peserta didik mengenai jawaban yang berbeda, Pendidik memberikan kesimpulan dari semua jawaban. 2. Latihan aspek afektif dilaksanakan dengan pemberian soal berupa sikap/tindakan yang sesuai berkaitan dengan permaasalahan dikehidupan sekitar. 3. faktor pendukung pendidik mata pelajaran PPKN yang berkompeten, peserta didik yang mempunyai semangat dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang kurang percaya diri serta peserta didik yang hanya diam saja dan malas ketika mengerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Melatih Aspek Afektif Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:28
Last Modified: 31 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item View Item