Hubungan Iklim Pembelajaran di Kelas dengan Konsentrasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah

Lestari, Indah Ayu (2023) Hubungan Iklim Pembelajaran di Kelas dengan Konsentrasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kondisi iklim pembelajaran di kelas pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah. 2) Kondisi konsentrasi belajar biologi pada siswa kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah. 3) Tingkat signifikansi hubungan antara iklim pembelajaran di kelas dengan konsentrasi belajar biologi pada siswa kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah. Jenis penelitian ini yaitu korelasi (correlational research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang terdapat pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik proportional random sampling, karena berdasarkan data dari populasi siswa kelas XI MIPA diketahui bahwa terdapat beberapa kelas yang jumlahnya heterogen. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut agar dapat diperoleh sampel yang representatif dan diambil melalui wakil yang berasal dari setiap kelas dengan disesuaikan pada jumlah anggota pada masing- masing kelas tersebut. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 18 siswa, XI MIPA 2 terdiri dari 23 siswa, dan XI MIPA 3 berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan lembar observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi iklim pembelajaran di kelas pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah diperoleh skor rata- rata sebesar 70,61 yang tergolong pada kategori baik. Kondisi tersebut menandakan bahwa iklim pembelajaran di kelas XI MIPA MA NU Ibtidaul Falah tergolong pada kategori baik dan masih perlu ditingkatkan kembali agar menjadi sangat baik. Kedua, konsentrasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah diperoleh skor rata- rata sebesar 68,82 yang tergolong pada kategori baik. Hal tersebut menandakan bahwa konsentrasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah tergolong dalam kategori baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi supaya menjadi sangat baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara iklim pembelajaran di kelas dengan konsentrasi belajar biologi siswa pada kelas XI MIPA Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah dengan ditunjukkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 dan nilai α = 0,05 dengan perolehan hasil nilai ρ koefisien korelasi sebesar 0,576 yang dapat diartikan bahwa variabel iklim pembelajaran di kelas dengan konsentrasi belajar biologi memiliki tingkat hubungan yang “sedang” karena berada pada rentang 0,40 – 0,599. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Iklim Pembelajaran, Konsentrasi Belajar Biologi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:55
Last Modified: 31 Jul 2023 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item