Barokah, Rahmat (2023) Pengaruh Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (950kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (389kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (363kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (585kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (285kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah dengan pendekatan Kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat Komunikasi guru PAI di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus Tahun 2021/2022. (2) Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus Tahun 2021/2022. (3) Untuk menguji adanya Pengaruh Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus Tahun 2021/2022. Subyek populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus sebanyak 80 siswa. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, dianalisis dengan teknik pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik dengan jenis penelitian korelasi. Hasil peneitian ini yaitu (1) Tingkat Komunikasi guru PAI di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus. Hasil pengujian statistik mendapatkan nilai rata-rata adalah 51,9 dari variabel independen (X) Komunikasi Guru PAI, maka termasuk dalam kategori “baik” pada interval 50-60. Pada hasil perolehan nilai t hitung lebih besar dari t table (9,462>1.669), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya secara parsial Pengaruh Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus dapat diterima. (2) Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus. Hasil pengujian statistik mendapatkan nilai rata-rata adalah 60 dari variabel independen (Y) Motivasi Belajar Siswa, maka termasuk dalam kategori “baik” pada interval 60-67. Pada hasil perolehan nilai t hitung lebih besar dari t table (3,683>1.669), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya secara parsial Pengaruh Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus dapat diterima. (3) Pengaruh Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus. Hasil uji simultan F diperoleh nilai koefisien 13,563 signifikansi 0,000, hipotesis berbunyi Komunikasi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP IT Rohmatul Ummah Jekulo Kudus terdapat hubungan yang kuat, positif dan searah dengan variable terikat Motivasi Belajar Siswa. Pada analisis regresi linear koefesien determinasi R2 besarnya 0,177. Maka, Motivasi Belajar Siswa dijelaskan oleh Komunikasi Guru PAI sebesar 6,5% atau dengan kata lain kontribusi variabel independen terhadap variasi (perubahan) pemahaman sistematis (Y) sebesar (100% - 17,7% = 82,3%) Variabel pemahaman sistematis (Y) bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel independen, jadi sisanya sebesar 82,3% untuk Motivasi Belajar Siswa dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:58 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10770 |
Actions (login required)
View Item |