Shidqi, Muhammad (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Video Based Learning Pada Pembelajaran SKI Di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (484kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (419kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (656kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (955kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (550kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (831kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (523kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (659kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini dalam dunia pendidikan yang dimana diantaranya digunakan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk untuk keperluan metode pembelajaran supaya pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien khususnya dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dimana sebagai suatu mata pelajaran yang cukup kompleks SKI mempelajari mengenai sejarah perkembangan Islam secara umum. Dari situ seorang guru perlu menerapkan strategi, model, dan metode khususnya yang efektif dan efisien sehingga materi dapat tersampaikan ke peserta didik secara optimal. Sehingga peneliti memilih metode pembelajaran Video Based Learning (Pembelajaran Berbasis Video) sebagai metode yang efektif dan efisien untuk diterapkan sekarang ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep metode Video Based Learning? (2) Bagaimana Implementasi metode Video Based Learning pada pembelajaran SKI di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Membahas mengenai konsep metode Video Based Learning (2) Membahas implementasi metode Video Based Learning pada pembelajaran SKI di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode Kualiatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Data penelitian dikumpulkan melalui Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan-tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Metode Video Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Video merupakan sebuah metode inovatif dalam pembelajaran dimana guru memberikan sebuah tayangan video kaitannya dengan materi yang disampaikan. Metode Video Based Learning dibuat dengan menggabungkan audio dan visual baik itu dalam bentuk rekaman kamera, animasi, grafik, dan ditambah teks untuk menambah penjelasan, (2) Implementasi Metode Pembelajaran Video Based Learning pada pembelajaran SKI terbukti efektif dan efisien. Dengan visualisasi audio melalui sebuah tayangan video dan langkah- langkah penerapan yang tepat guru dapat menyampaikan materi SKI secara unik, mendalam, dan komprehensif. Dengan penerapan Metode Pembelajaran Video Based Learning peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran SKI. Selain itu, dengan penerapan Metode Video Based Learning terbukti mampu meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik dalam pembelajaran SKI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Video Based Learning, Pembelajaran SKI. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:44 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10789 |
Actions (login required)
View Item |