Hidayah, Nailul (2023) Tradisi Langen Beksan Tayub Pada Sedekah Bumi di Rahtawu Kudus Sebagai Sumber Belajar IPS Kelas IX SMP 3 Satu Atap Gebog. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (434kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (556kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (543kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (311kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (918kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (382kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi di Rahtawu Kudus. 2) Untuk mengetahui relevansi tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi sebagai sumber belajar IPS. 3) Untuk mengetahui implementasi tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi sebagai sumber belajar IPS kelas IX SMP 3 Satu Atap Gebog. Metode penelitianyang digunakan yaitu penelitian kualitatif, jenis penelitian yaitu lapangan atau field research,Subjek penelitian yaitu tokoh agama Desa Rahtawu, pendidikmata pelajaran IPSdan peserta didik kelas IX SMP 3 Satu Atap Gebog. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,nilai-nilai sosial yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi di Rahtawu Kudus ada enam yaitu gotong royong, kerukunan, kebersamaan, menjunjung tinggi kearifan lokal, persatuan dan solidaritas. Kedua, relevansi tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi sebagai sumber belajar IPS masuk dalam kurikulum 2013 kelas IX SMP 3 Satu Atap Gebogpada materi perubahan sosial budaya dan globalisasi. Memiliki relevansi fungsional yang beragam dalam cabang ilmu IPS, yaitusejarah, sosiologi, antropologi, geografi dan ekonomi.Ketiga, implementasi tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi sebagai sumber belajar IPS Kelas IX SMP 3 Satu Atap Gebogefektif untukdijadikan sebagai sumber belajar IPS yang mana mampumeningkatkan antusias dan semangat peserta didik, peserta didik dapat berpikir kritis, tertambahnya pengetahuan serta pemahaman mengenai makna yang terkandung dalam tradisi tersebut sehingga dapat menjaga, mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal tersebut. Sebelummengimplementasi tradisi langen beksan tayub pada sedekah bumi pada pembelajaran IPS ada tiga tahap yang dilakukan seorang pendidik yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tradisi Langen Beksan Tayub Pada Sedekah Bumi, Sumber Belajar IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > Adat Istiadat Setempat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10791 |
Actions (login required)
View Item |