Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Rosellana Desa Pecangaan Kecamatan Kabupaten Kepara Tahun Pelajaran 2022/2023

Sari, Nadia Dwi (2023) Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Rosellana Desa Pecangaan Kecamatan Kabupaten Kepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (990kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Kecerdasan sosial pada zaman sekarang merupakan hal yang paling penting untuk hidup di masyarakat. Anak yang memiliki kecerdasan sosial yang baik merupakan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak sejak dini dalam kehidupan aman di masyarakat. Ada beberapa faktor yang membuat anak minim mempunyai kecerdasan sosial yang baik, mulai dari pergaulan teman sebaya yang kurang baik, lingkungan sekitar anak yang kurang bagus, faktor ekonomi dan kurangnya peduli dari keluarga sekitar karena sibuk dengan urusannya masingmasing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari penelitian pengembangan kecerdasan sosial anak melalui metode outdoor usia 3-4 tahun di KB Rosellana Pecangaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian yaitu anak usia dini usia 3-4 tahun di kelas mawar 1 KB Rosellana pecangaan dengan melibatkan 10 siswa. Keabsahan data saat penelitian menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan sumber data yang didapat dari kepala sekolah, guru kelas kelas mawar 1 dan kelas mawar 2. Teknik pengumpulan data penelitian dan observasi di dapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini, pengembangkan kecerdasan sosial anak melaui metode outdoor usia 3-4 tahun yaitu perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang didapat dengan metode pembelajaran outdoor. Hasil perencanaan meliputi perencanaan pembuatan RPPH, perencanaan waktu dan tempat kegiatan, dan perencanaan media pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan meliputi pada pembelajaran sentra olah tubuh meliputi kegiatan melompat simpai, merangkak melewati simpai,dan estafet telur mainan. Pada kegiatan sentra peran meliputi kegiatan memegang ayam, memberi makan ayam, memindahkan ayam ke dalam wadah, dan memanen telur. Kegiatan hasil dari pembelajaran pengembangan kecerdasan sosial melalui kegiatan outdoor yaitu peserta didik dapat bersikap antri saat kegiatan, memiliki sikap kehati-hatian, antusias mengikuti pembelajaran, tidak mengganggu teman saat bermain,dan berbaur dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Outdoor, Kecerdasan Sosial Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:24
Last Modified: 09 Aug 2023 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item